TribunManado/

Sekda Rindengan Pangkas Alur Layanan Publik

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengajak seluruh kementerian dan lembaga, baik pusat maupun daerah.

Sekda Rindengan Pangkas Alur Layanan Publik
NET
Danny Rindengan

TRIBUNMANADO.CO.ID, AMURANG - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengajak seluruh kementerian dan lembaga, baik pusat maupun daerah untuk bergerak menciptakan layanan kepegawaian berbasis digital.

Ajakan itu terungkap saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (10/5).

Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Selatan, Danny Rindengan yang mengikuti kegiatan tersebut menyampaikan, saat ini, dalam birokrasi pemerintahan dituntut untuk melakukan reformasi secara cepat.

"Hal ini dikatakan langsung oleh Kepala BKN Bima Haria Wibisana. Pemanfaatan digitalisasi memang sangat dibutuhkan untuk terwujudnya hal tersebut," katanya kepada Tribun Manado, Kamis kemarin.
Lanjut Rindengan, pada kenyataannya Indonesia masih tertinggal dengan negara lain dalam hal memaksimalkan sistem informasi teknologi.

"Teknologi sangat membantu dalam memangkas birokrasi yang berbelit. Sebagai upaya peningkatakan kualitas layanan kepegawaian, dipaparkan di sana BKN telah meluncurkan sejumlah layanan berbasis digital seperti Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO) dan Penetapan Pensiun Otomatis (PPO) berbasis less paper," kata dia.

"Hal itu sangat baik dilakukan. Tujuannya untuk memangkas alur kompleks layanan kepegawaian, sehingga setiap ASN fokus meningkatkan kinerja," kata dia saat mengikuti kegiatan bertemakan 'Menuju manajemen kepegawaian Aparatur Sipil Negara (ASN) berbasis digital ini'.

Sekda berharap agar ke depan penerapan layanan tersebut dapat diterapkan di Minsel. "Ke depan penyelenggaraan bidang kepegawaian akan lebih efisien dan efektif. Tentunya jika penerapan layanan segera terealisasi di Minsel," harapnya.

Rakornas ini buka Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. Sebagai pembawa materi Kepala BKN, Menpan dan RB Menteri Keuangan, Menteri Kominfo dan Komisi ASN. *

STORY HIGHLIGHTS
* Mengajak seluruh kementerian dan lembaga, baik pusat maupun daerah untuk bergerak menciptakan layanan kepegawaian berbasis digital
* Dalam birokrasi pemerintahan dituntut untuk melakukan reformasi secara cepat

Penulis: Fionalois Watania
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help