TribunManado/

Siswa SD Ramaikan Porkot Cabang Catur

Siswa Sekolah Dasar (SD) ikut berpartisipasi pada cabang catur Pekan Olahraga Kota (Porkot) Kotamobagu yang dibuka Kamis (11/5) pagi di SMA N 3

Siswa SD Ramaikan Porkot Cabang Catur
TRIBUNMANADO/HANDIKA DAWANGI
Dua atlet catur kelas junior saling adu strategi, pada pertandingan di Ruangan Kelas SMA N 3 Kotamobagu, Kamis (11/5) sore. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Siswa Sekolah Dasar (SD) ikut berpartisipasi pada cabang catur Pekan Olahraga Kota (Porkot) Kotamobagu yang dibuka Kamis (11/5) pagi di SMA N 3 Kotamobagu.

Tak hanya laki-laki, siswa SD perempuan pun terlihat diam, berpikir, kemudian menggerakan bidak catur diikuti menekan tombol waktu.

Ketegangan yang ditimbulkan pada pertandingan antar siswa SD ini tidak kalah menegangkan dengan pertandingan catur antar orang dewasa. Tampak para penonton terdiam melihat kedua siswa SD berpikir saling serang strategi.

Senyum tipis, seringkali terlihat saat para peserta siswi SD ini tepat dalam mengambil langkah.

Sekitar 40 menit waktu yang dibutuhkan para siswa untuk mengakhiri pertandingan. Tentu ada kalah ada menang.

Laura Makarewa (11) siswi Kelas 6 SD Advent Kotamobagu misalnya dengan teliti ia menggerakan bidak catur hingga akhirnya bisa menang.

"Saya tau main catur dari kelas 4 SD. Nah tadi pertama kali saya berhadapan dengan dia. Saya sempat kesulitan," ujarnya yang sudah 10 kali ikut pertandingan dan enam kali juara.

Ada 40 peserta senior atau yang sudah lulus SMA, dan 24
peserta junior atau masih duduk di bangku SMA ke bawah yang ikut pertandingan ini.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kotamobagu Tony Ponongoa yang membuka langsung pertandingan tersebut berharap para atlet dapat bertanding dengan baik.

"Kami harap tetap aktif pada pertandingan baik setiap bulan, enam bulan, atau setiap tahun. Agar hasil latihan para atlet dapat bermanfaat," ujar dia.

Lanjut Tony, dirinya yakin catur yang merupakan cabang olahraga tertua di Kotamobagu dapat mendongkrak Kotamobagu di ajang Pekan Olahraga Provinsi nanti. (dik)

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help