TribunManado/

Polres Maelang Kekurangan Personel

Kepolisian Sektor Sang Tombolang yang berlokasi di Desa Maelang merupakan polsek terujung yang berbatasan dengan Bolaang Mongondow Utara.

Polres Maelang Kekurangan Personel
TRIBUNMANADO/FINNEKE WOLAJAN
Aiptu Satam saat berbincang dengan awak media 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Kepolisian Sektor Sang Tombolang yang berlokasi di Desa Maelang merupakan polsek terujung yang berbatasan dengan Bolaang Mongondow Utara.

Meski membawahi 12 desa, polsek ini hanya memiliki 12 personel polisi di dalamnya. Sudah termasuk Kapolsek dan beberapa perwira lainnya.

Aiptu Ibrahim Satam, Kanit Reskrim Polsek Maelang merasakan betul bagaimana bekerja di polsek yang sangat kekurangan personel. Di unit reskrim, hanya dia seorang.

"Saya sebagai kanit dan juga sebagai penyidik. Jika ada kasus, semua saya tangani sendiri. Untuk saya ada latar belakangan penyidik," ujarnya saat ditemui Rabu (10/5) di ruangannya.

Karena kurang personel, Aiptu Satam bahkan mengaku jarang pulang rumah. Ia yang tinggal di Kotamobagu, seminggu sekali pulang. "Kan stand by bertugas. Sering tidur di kantor juga. Pulang ke Kotamobagu seminggu sekali," ujarnya.

Beruntung, di wilayah polsek ini tak sering terjadi kasus kriminal. Seperti perkelahian atau kasus lainnya. Kalau pun ada pasti jarang.

"Jarang ada kejadian. Paling kalau ada penganiayaan itu hanya kasus personal. Yah dengan kurangnya personel, tinggal bagaimana kami menyiasati itu," ujarnya.

Babinkamtibmas di tiap desa, diakuinya sangat membantu kepolisian untuk menjaga keamanan tetap kondusif. "Kan ada pengamanan tiap desa, itu sangat membantu," ujarnya.

Meski begitu, wilayah Sang Tombolang sebagai jalur trans sulawesi harus diwaspadai. Sebab daerah ini rawan jadi perlintasan teroris dari poso.

"Waktu lalu kami dapat senpu ilegal, juga narkoba. Harus waspada karena jalur rawan. Tinggal bagaimana kami menyiasati kekurangan personel ini," ucapnya. (fin)

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help