TribunManado/

Karyawan MSM yang Di-PHK Bagikan Sejuta Bunga

Ericson Rondonuwu bersama kelima rekannya tak terima diberhentikan kerja secara sepihak oleh PT MSM.

Karyawan MSM yang Di-PHK Bagikan Sejuta Bunga
NET
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, AIRMADIDI - Ericson Rondonuwu bersama kelima rekannya tak terima diberhentikan kerja secara sepihak oleh PT Meares Soputan Mining (MSM).

Kekecewaan itu diutarakan pria yang sudah bekerja di perusahaan ini selama 10 tahun saat menggelar aksi berbagi sejuta bunga di Desa Winuri, pukul 10.00 Wita, Rabu (10/5).

"Saya berharap saya dan rekan yang di-PHK (pemutusan hubungan kerja) agar dipanggil kembali bekerja. Karena saya sudah bertahun-tahun bekerja mencari nafkah di situ. Saya kena PHK karena ikut mogok kerja selama 2,5 hari. Juga gaji kami ditahan," kata Rondonuwu.

Aksi ini menuntut pimpinan PT MSM membatalkan PKH sepihak terhadap enam karyawan karena terlibat demo beberapa minggu lalu.

Ketua Badan Permasyarakatan Desa (BPD) Desa Winuri, Nevy Pascoal yang ikut dalam aksi ini mengatakan, agar supaya upah pekerja sesuai tabel. "Selain itu juga salah seorang WNA (warga negara asing) yang kasar atau tidak kooperatif kepada karyawan diberhentikan PT MSM," katanya.

Lanjut dia, pada penerapan skala upah, revisi tabel pesangon, tentang penggunaan tenaga kerja asing, kenaikan upah buruh tambang 20 persen dan pemerataam jam lembur.
Aksi berbagi sejuta rumah ini juga diikuti oleh Hukum Tua Winuri Sintia Kasso, tokoh agama, masyarakat, pemuda.

Sintia mengatakan, aksi berbagi sejuta bunga ini berlangsung lancar dan aman. "Aksi ini berjalan lancar dan berbagi sejuta bunga kepada karyawan yang masuk dan keluar di perusahaan. Aman-aman," kata istri dari anggota Dewan Minut Denny Sompie ini.

Jefry Warouw, CSR PT MSM ketika dikonfirmasi mengatakan, pihak perusahaan saat ini sedang melakukan mediasi terkait dengan beberapa karyawan yang melakukan aksi tadi.

"Manajemen tindak lanjuti. Kita belum dapat info jelas dan seperti apa prosesnya. Mediasi tapi belum kopi (dapat informasi) tingkat mediasi karena saya sering turun lapangan dan tidak selalu di kantor. Untuk sementara mereka (yang di-PHK) belum masuk (kerja), kita tunggu mediasinya," kata Warouw. *

STORY HIGHLIGHTS
* kena PHK karena ikut mogok kerja selama 2,5 hari. Juga gaji ditahan
* Menuntut pimpinan PT MSM membatalkan PKH sepihak terhadap enam karyawan karena terlibat demo beberapa minggu lalu

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help