TribunManado/

KPU Dapat Hibah Rp 42 Miliar untuk Pilkada

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa akhirnya mendapat kepastian anggaran yang akan digunakan pada pilkada.

KPU Dapat Hibah Rp 42 Miliar untuk Pilkada
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Teller sebuah bank di Jakarta Selatan menghitung uang rupiah di atas dolar Amerika Serikat, Jumat (24/1/2014). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa akhirnya mendapat kepastian anggaran yang akan digunakan pada pilkada Minahasa tahun 2018.

Dana hibah Rp 42 miliar itu dipastikan setelah ditandatangani naskah perjanjian hibah daerah di ruang kerja Bupati Minahasa, Selasa (9/5).

Penandatanganan dilakukan Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow sebagai pihak pemberi hibah dan Ketua KPU Minahasa Meidy Tinangon sebagai pihak penerima hibah.

Acara itu disaksikan komisioner KPU Minahasa, Sekda Minahasa dan pejabat instansi terkait.

Dari perjanjian itu, KPU akan mendapatkan dana Rp 42,364 miliar yang akan diberikan dalam dua tahun anggaran. Untuk tahapan pertama tahun anggaran tahun 2017 ditata Rp 7,5 miliar dan lainnya Rp 34,864 miliar akan diberikan pada tahun 2018.

Tinangon mengatakan, sangat bersyukur karena Pemkab Minahasa sudah menyetujui anggaran hibah pilkada.

Menurutnya, proses pengajuan dan pembahasan anggaran telah berproses sejak bulan Juni 2016 dan telah melalui proses review Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP) Sulawesi Utara.

Proses selanjutnya adalah registrasi hibah di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kemudian revisi Dipa dan mengajukan permintaan pencairan yang kemudian dananya akan ditransfer ke rekening bank penampung hibah.

"Untuk tahapan pertama dananya akan kami gunakan untuk persiapan penyusunan Perpu, rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), sosialisasi pemutakhiran data pemilih, serta verifikasi calon," ujar dia.

Dia menjelaskan, untuk tahapan KPU Minahasa terkait pilkada masih menunggu peraturan KPU. "Namun pastinya pemilihan tanggl 27 Juni 2018," ujar dia.

Dijelaskannya, bahwa untuk tahapan pilkada sudah diresmikan. Jika Per-KPU keluar bulan Mei maka tahapan akan di-launching pada 14 Juni 2017.

Bupati JWS menyampaikan bahwa Pemkab Minahasa memang berkomitmen untuk mendukung anggaran demi suksesnya kegiatan tahapan pilkada 2018.

"Saya meminta supaya anggaran ini dikelola dengan baik dan proses pencairan dan penggunaannya dilakukan sesuai standar pengelolaan keuangan negara," ujar dia. *

STORY HIGHLIGHTS
* KPU akan mendapatkan dana Rp 42,364 miliar yang akan diberikan dalam dua tahun anggaran
* Untuk tahapan pertama tahun anggaran tahun 2017 ditata Rp 7,5 miliar dan lainnya Rp 34,864 miliar akan diberikan pada tahun 2018

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help