TribunManado/

Anggap Belum Penting, Kadis Dukcapil Bolmong Tetap Usulkan Ini

"Mengingat masih banyak administrasi kependudukan yang lebih penting dari KIA," kata Iswan.

Anggap Belum Penting, Kadis Dukcapil Bolmong Tetap Usulkan Ini
Net
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bolmong akan mengusulkan pengadaan Kartu Identitas Anak tahun 2017 ini.

"Setelah Tomohon dan Kotamobagu, dua daerah di Sulut yang sudah terapkan ini, tahun ini Bolmong mengusulkan untuk pengadaan KIA," ujar Kepala Disdukpencapil Bolmong, Iswan Gonibala, Selasa (9/5/2017).

Itu berarti, KIA di Bolmong baru akan berlaku tahun 2018, jika usulan tersebut akhirnya dikabulkan. Meski begitu, KIA belum jadi prioritas.

"KIA kami masih jemput bola. Karena belun terlalu wajib. Mengingat masih banyak administrasi kependudukan yang lebih penting dari KIA," kata Iswan.

Menurut dia, hal yang mendesak adalah KTP Elektronik dan Kartu Keluarga. Demikian pula dengan akta kematian yang sering diabaikan masyarakat hingga kini.

"Pelayanan pembuatan KTP-El terus berlangsung, apalagi sudah ada blankonya. Pun dengan KK. Saya imbau masyarakat pun agar mengurus akte kematian, karena ini penting," ujarnya.

Sejumlah orangtua yang ditemui di seputaran Lolak mengaku belum pernah dengar soal KIA. Namun ketika tahu kegunaannya, mereka setuju jika adq KIA.

"Kan anak-anak tak ada identitas ya. Bagus kalau ada, pasti akan berguna kalau di mana-mana. Masa cuma orang dewasa yang ada identitasnya," ujar Rona Potabuga, warga Desa Lalow. FINNEKE WOLAJAN

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Edi_Sukasah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help