Renungan Minggu

RENUNGAN MINGGU: Jangan Menyalahgunakan Kekuasaan

Jika kita perhatikan pembacaan Alkitab ini memperkenalkan kepada kita seorang pemimpin di waktu itu yang namanya Sebna.

RENUNGAN MINGGU: Jangan Menyalahgunakan Kekuasaan
https://goo.gl/J3P7Mi
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Jika kita perhatikan pembacaan Alkitab ini memperkenalkan kepada kita seorang pemimpin di waktu itu yang namanya Sebna.

Dalam Ayat 15 dikatakan "Mari, pergilah kepada kepala istana ini, kepada Sebna yang mengurus istana."

Ternyata yang namanya Sebna ini adalah seorang pengurus istana. Dia bukanlah seorang raja melainkan tangan kanan raja, kepercayaan raja.

Biasanya raja itu tinggal di tahta dan memerintahkan segala sesuatu kepada anak buahnya.

Sebnalah yang menjalankan seluruh titah raja. Dia punya kapabilitas yang luar biasa. Malahan terkadang bukan raja yang berpikir keras tetapi dia karena memiliki kuasa untuk mengatur perekonomian kerajaan, situasi dan kondisi kerajaan, rumah tangga kerajaan sehingga dapat berjalan dengan baik.

Jabatan yang diberikan kepadanya sakan‑akan bisa dikatakan  sebagai jabatan tertinggi kedua di kerajaan. Karena semua kebijakan‑kebijakan dia yang lebih banyak memutuskan.

Sayangnya, dalam ayat 16 digambarkan bagaimana kecongkakan seorang kepala istana. Karena memiliki kepercayaan raja, memiliki kuasa, dia memerintahkan orang‑orang untuk membangun kuburnya di atas bukit batu, yang notabene tempat tersebut hanyalah dibangun untuk para raja sebagai tanda kehormatan.

Perintahnya ini bukan berarti bahwa dia siap mati karena apa yang diperintahkannya dilakukan saat dia masih bekerja.

Hal tersebut menggambarkan bahwa dia ingin memegang jabatan sampai mati. Kata‑kata dalam ayat ini sangatlah keras ditujukan pada Sebna.

"Ada apamu dan siapamu di sini, maka engkau menggali kubur bagimu di sini, hai yang menggali kuburnya di tempat tinggi, yang memahat kediaman baginya dibukit batu?"

Halaman
123
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help