TribunManado/

Pemkab Minut Utus Peserta ke Penas KTNA

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) terus menggenjot sektor pertanian, perkebunan dan perikanan

Pemkab Minut Utus Peserta ke Penas KTNA
IST

  

TRIBUNMANADO.CO.ID, AIRMADIDI- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) terus menggenjot sektor pertanian, perkebunan dan perikanan bahkan persediaan pangan, dibawah pimpinan Bupati Vonnie Anneke Panambunan.

Terbukti, Pekan Nasional (Penas) XV Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) di Provinsi Banda Aceh yang berlangsung sejak Jumat (5/5) dan akan berakhir hingga Kamis (11/5) nanti, diikuti dengan serius KTNA Minut yang diketuai oleh Herman Papia.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Presiden RI Joko Widodo, kontingan KTNA yang dibiayai lewat APBD Dinas Pertanian dan Perkebunan Minut, banyak mendapat bekal untuk perkembangan pertanian, perkebunan, perikanan bahkan ketersediaan pangan untuk Minut.

Tak hanya itu, KTNA yang mengikuti kegiatan inipun diberikan kesempatan untuk mencoba alat-alat pertanian modern untuk menghasilkan hasil pertanian yang unggul dan meningkat.

Dibawah pimpinan Ketua Tim Kontingen Ir Allan Mingkid MSi, didampingi Kabid Penyuluh Dinas Pertanian dan Perkebunan Minut Harter Nelwan saat berada di lokasi Penas mengatakan, diharapkan peserta bukan hanya menggali ilmu tapi juga menjadi duta untuk produk unggulan yang ada, termasuk pariwisata yang bakal menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

"Masih banyak harga komoditas unggulan di Minut yang belum terprotek oleh standar harga dari Kementerian Pertanian.

Untuk itu, Bupati berharap para peserta Penas nanti dapat menggali ilmu dari peserta lain sehingga produk di Minut nanti baik pertanian maupun perikanan dapat dipasarkan dan bisa menyesuaikan dengan harga standar pasar," jelas Mingkid.

Terpisah, Plt Kadis Pertanian Ir Joseph Aliks didampingi Sekretaris Dennie Lempoy mengatakan, peserta juga akan mengkaji cara bercocok tanam dari Minut dengan daerah lain untuk memecahkan masalah-masalah yang terjadi baik dari aspek teknis, ekonomi dan sosial. "Karena Minut merupakan daerah potensi pertanian yang sangat menjanjikan," kata dia.(fer)

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help