TribunManado/

Ketika Ratusan Musisi Alternatif dan Indie Bergabung di Sirkuit Radio Transistor 1954

James Quail, desainer di studio Dorothy, telah membuat poster yang mereka sebut "Alternative Love Blueprint-A History of Alternative Music."

Ketika Ratusan Musisi Alternatif dan Indie Bergabung di Sirkuit Radio Transistor 1954
WIRED
Poster berisi grafis ratusan musisi, band, produser yang bergerak di musik alternatif dan indie, buatan Studio Dorothy. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Apa jadinya jika ratusan musisi, artis, manajer, bahkan sampai produser yang bergerak dalam musik alternatif dan indie bergabung?

Hasilnya adalah sebuah sirkuit radio transistor yang telah berusia 63 tahun. Tentu bukan sirkuit radio sesungguhnya, tapi sebuah peta tentang mereka yang dianggap berpengaruh pada musik alternatif dan indie.

Ya, James Quail, desainer di studio Dorothy, telah membuat poster yang mereka sebut "Alternative Love Blueprint-A History of Alternative Music." Poster ini dijual seharga 43 dollar.

ALT
ALT (STUDIO DOROTHY)

Kepada Wired, Quail mengisahkan pembuatan poster mengambil ide dari pertunjukkan Sex Pistols di Lesser Free Trade Hall di Manchester, Inggris, 4 Juni 1976.

"Saya mengambil pertunjukan itu sebagai titik awal. Saya mencoba memetakan band-band yang saling mempengaruhi satu sama lain sampai pada titik itu, dari awal proto-punk dan garage rocker," kata Quail.

"Kemudian saya memetakan menembus punk, post-punk, 2 tone&ska, hardcore, Riot Grrrl, Grunge, dan seterusnya," dia menambahkan.

ALT
ALT (STUDIO DOROTHY)

Bagi kalian yang suka dengan musik alternatif dan indie, banyak sekali musisi ataupun band yang akan kamu temukan. Dari Bill Hayley & His Comet dari tahun 1950-an hingga Radiohead dan Artctic Monkey.

Bagi penyuka band-band di dekade 90-an, kamu juga bisa menemukan Nirvaana, Pearl Jam, hingga Beasty Boys dalam sirkuit radio transistor itu. DOROTHY/WIRED/SUK

Penulis: Edi Sukasah
Editor: Edi Sukasah
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help