TribunManado/

Aksi Demo 55, Ini Jawaban Pasrah Ahok

Beberapa ulama juga direncanakan akan hadir pada aksi yang digelar untuk mendoakan tegaknya keadilan di Indonesia.

Aksi Demo 55, Ini Jawaban Pasrah Ahok
Tribunnews/EPA/Bagus Indahono/Pool
Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bersiap menjalani sidang kasus penodaan agama yang melibatkan dirinya di Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang menggunakan bekas gedung Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, di Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Selasa (27/12/2016). Sidang kali ini merupakan sidang Ahok yang ketiga dengan agenda putusan sela hakim. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mengimbau kepada umat muslim agar menghormati proses hukum yang sedang berlangsung.

Imbauan yang dimaksud, tak lain terkait rencana aksi unjuk rasa menuntut terdakwa kasus dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), hari ini Jumat (5/5/2017) atau dikenal dengan aksi 55.

"Saya ingin mengajak kita semua umat Islam khususnya untuk kita betul-betul menghormati proses hukum. Kita tunggu saja keputusannya seperti apa, dan saya mengimbau kepada semua kita untuk mematuhi dan menghormati apapun keputusan hukum nanti terkait dengan kasus ini," ujar Lukman di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (4/5/2017).

Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI (GNPF-MUI), Bahtiar Nasir menjelaskan, aksi 55 hanya ingin bermunajat.

Selain itu, tidak akan ada aksi lain seperti longmarch ke Mahkamah Agung atau Istana Negara.

"Kami hanya ingin bermunajat. Tidak ada niat lain. Kalau ada demo lain, itu bukan kami," jelasnya saat ditemui di Gedung Komisi Yudisial (KY) kemarin.

Aksi hanya akan berada di Masjid Istiqlal, Jakarta. Apabila ada yang berjalan ke Mahkamah Agung, hal itu adalah perwakilan dari GNPF yang sudah ditunjuk.

"Perwakilan yang nanti jalan ke sana. Tidak semuanya," kata dia.

Beberapa ulama juga direncanakan akan hadir pada aksi yang digelar untuk mendoakan tegaknya keadilan di Indonesia seperti AA Gym, Arifin Ilham dan beberapa ulama dan habaib lainnya.

"Tidak, Habib Rizieq tidak ikut. Beliau masih umrah saat ini. Tapi yang lain akan banyak yang ikut," tegasnya.

Halaman
1234
Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help