TribunManado/

TMMD Buka Akses Jalan 4 Kilometer di Bilalang

Dandim 1303 Bolmong Letkol Inf Sampang Sihotang melaporkan, TMMD yang dilaksanakan selama 30 hari ini melakukan pembangunan fisik dan fisik.

TMMD Buka Akses Jalan 4 Kilometer di Bilalang
Tribun Manado
Pangdam XIII Merdeka Tinjau Lokasi TMMD di Bolmong 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Program TNI Manunggal Membangun Desa tahun 2017 di Kecamatan Bilalang usai. Wadanlantamal VIII Manado, Kolonel Marinir Edy Setiawan menutup rangkaian kegiatan di Lapangan Desa Bilalang III, kemarin.

Dandim 1303 Bolmong Letkol Inf Sampang Sihotang melaporkan, TMMD yang dilaksanakan selama 30 hari ini melakukan pembangunan fisik dan fisik. Di antaranya pegerasan jalan sepanjang empat kilometer, yang merupakan jalan Penghubung Desa Tuduaog Baru dan Desa Kolingangaan.

Rehab masjid, pembuatan jamban, pembangunan gedung tiga pilar, penyuluhan kesehatan, pengobatan gratis, penyuluhan bela negara dan radikalisme, serta sembako murah bagi masyarakat.

"Di samping itu personel yang dilibatkan yakni 100 personel TNI AD, enam personel AL, dua personel TNI AU, polri 14 personel, pemerintah daerah 21 Orang, serta masyarakat 50 orang," ujarnya dalam laporannya.

Kepala Staf Angkatan Darat Jendral TNI Mulyono dalam sambutannya yang dibacakan Wadanlantamal VIII Manado Kolonel marinir Edy Setiawan mengatakan dengan berakhirnya TMMD ini, agar hasilnya dipelihara maksimal.

"Agar segala hasil pembangunan atau pengembangan sarana dan prasarana fisik yang telah dibangun, dapat dimanfaatkan secara maksimal serta dipelihara dengan baik oleh pemda beserta segenap warga masyarakat di wilayah TMMD," ujarnya.

Sedangkan hasil non fisik yang berupa penyuluhan kesehatan, hukum, hak azasi manusia, pembekalan pengetahuan praktis, keagamaan, kejuangan, bela negara, agar benar-benar dapat dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga mampu mendorong inovasi dan kreativitas masyarakat serta tumbuhnya rasa cinta tanah air.

"Kegiatan ini telah memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat pedesaan dalam konteks kepentingan akselerasi pembangunan. Program TMMD bertujuan untuk mewujudkan ruang juang, alat juang, kondisi juang dan Kemanuggalan TNI-Rakyat serta dalam rangka membantu Pemerintah Daerah untuk menciptakan kesejahteraan," ujarnya.

Sementara itu Bupati Bolaang Mongondow melalui Asisten Administrasi Pemerintahan Chris Titov Kamasaan menyampaikan terima kasih kepada TNI yang telah membantu lewat program TMMD ini. Sehingga masyarakat Bolmong dapat memanfaatkan fasilitas yang telah dibangun.

"Pemerintah daerah di tahun yang akan datang akan memrogramkan kegiatan TMMD agar dilaksanakan kembali. Sebab wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow sangat luas yang cakupannya meliputi 200 Desa dan dua kelurahan," ujarnya.

TMMD kali ini bertema, Dengan Semangat Kemanunggalan TNI dan Rakyat kita percepat pembangunan di daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka menjaga keututuhan wilayah NKRI. Penutupan ini dihadiri Forkompimda Bolmong, tokoh agama serta tokoh maayarakat. (fin)

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help