TribunManado/

Assagaf: Semua Kebutuhan Air Bersih di Boltim Tuntas pada 2018

-Warga Desa Loyow Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) berharap pemerintah daerah (pemda) mengoptimalkan jaringan air bersih

Assagaf: Semua Kebutuhan Air Bersih di Boltim Tuntas pada 2018
tribun manado
Sekda Boltim Muhammad Assagaf 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN-Warga Desa Loyow Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) berharap pemerintah daerah (pemda) mengoptimalkan jaringan air bersih yang dibangun beberapa tahun lalu.

Joni Lalangu, warga Loyow mengungkapkan jaringan air bersih yang dibangun pemda hingga saat ini belum dinikmati masyarakat. "Jaringan pipa sudah dibangun beberapa tahun lalu, tapi airnya tak jalan," bebernya, pada Kami (4/5).

Warga pun terpaksa harus membeli air setiap harinya untuk kebutuhan sehari-hari. Kondisi desa yang gersang membuat warga sulit mendapatkan air bersih.

"Air di sini asin, karena dekat laut. Jadi warga harus membeli air untuk minum dan MCK," terangnya.

Kepala dinas Pekerjaan Umum, Sahrul Abdul Muis mengatakan pemda sedang melakukan inventarisasi kondisi jaringan air bersih yang dibangun pemda dan pemerintah provinsi.

"Ada dua tim yang diturunkan untuk mendata semua fasilitas air bersih agar segera dimanfaatkan. Pendataan tuntas bulan ini," jelasnya.

Pihaknya pun merencanakan pembangunan jaringan air bersih di desa yang belum terjangkau.

"Tahun ini, anggaran untuk jaringan air bersih dipending untuk menutupi utang. Kita akan anggarkan dalam APBD perubahan dan APBD 2018," jelasnya.

Pihaknya menargetkan penyelesaian jaringan air besih mencapai 85 persen pada 2018.

"Kita akan coba penuhi semua kebutuhan air bersih di Boltim. Kalau didukung dengan biaya yang cukup," ucapnya.

Dia mengungkapkan terdapat empat fasilitas air bersih yang dibangun pemerintah provinsi. Namun, belum terkoneksi hingga ke rumah-rumah warga.

"Ada jaringan air bersih di Buyat, Kotabunan, Motongkad dan Modayag yang sudah diserahkan ke pemda. Kita akan tindaklanjut dengan menyiapkan pipa ke pemukiman," jelasnya.

Sekretaris daerah (Sekda) Boltim Muhammad Assagaf mengatakan perintah Bupati Sehan Landjar memerintahkan agar jaringan air bersih tuntas 2018. "Tak ada lagi, air yang tak sampai ke rumah masyarakat," tegasnya.

Pemda akan menyusun perbup agar pengelolaan air dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Itu jadi pendapatan desa. Kita akan usulkan secara bertahap di beberapa desa. Sehingga semua kebutuhan air bersih tuntas pada 2018," terangnya. (Ald).

Penulis: Aldi_Ponge
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help