TribunManado/

Kapal RoRo Beroperasi, Wagub Sulut: Makin Mudah Kirim Kopra

Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat membawakan sambutan penerimaan pelayaran perdana kapal Roro sempat menyentil hubungan orang Sulut dan Filipina

Kapal RoRo Beroperasi, Wagub Sulut: Makin Mudah Kirim Kopra
TRIBUNMANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE

TRIBUNMANADO.CO.ID,BITUNG- Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat membawakan sambutan penerimaan pelayaran perdana kapal Roro sempat menyentil hubungan orang Sulut dan Filipina hingga hubungan regional sangat baik.

"Sudah banyak generasi warga Sulut berada di Filipina, begitu juga sebaliknya.

Dengan pelayaran langsung ini akan buka hubungan lebih baik sehingga persoalan status kewarganegaraan (Philipine-Sanger) Pisang dan (Sanger-Philipine) Sapi bisa cepat terselesaikan," jela Olly kemudian diterjemahkan oleh penerjemah.

Sebagai pemerintah daerah dan kota Bitung akan support penuh serta garansi keamanan lewat koordinasi dengan formompinda sebagaimana komitmen kesepakatan Presiden Duterte dan Presiden Jokowi.

"Semoga pada bulan depan jadwal pelayarannya bisa menjadi pendek lagi seminggu sekali.

Karena sudah ada pengalaman saat membuka penerbangan perdana dari Cina ke Manado banyak regulator ragu namun setelah jalan tidak ada hambatan yang ada perkembangan terus penerbangan dari Cina ke Manado," kata dia.

Terpisah Steven Kandouw wagub Sulut menambahkan dengan hadirnya pelayaran Roro akan membuka peluang pemasaran komoditas di Sulut yang dibutuhkan Filipina.

"Seperti kopra yang selama ini perdagangannya baru tradisional dibawah ke Filipina dengan adanya RoRo overheadnya rendah sehigga keuntangan petani, pedagang antar palay dan ekaportir menjadi tinggi," kata dia.(crz)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help