TribunManado/
Home »

Video

Tribun Manado TV

(VIDEO) Begini Cara Tunanetra Mengenali Ciri-ciri Uang Rupiah Baru

Di depan Sekretariat Persatuan Penyandang Tunanetra Indonesia (Pertuni) Sulawesi Utara (Sulut) di Paal 4 Kecamatan Paal 2 Manado, telah berdiri tenda

Laporan Wartawan Tribun Manado, Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Di depan Sekretariat  Persatuan Penyandang Tunanetra Indonesia (Pertuni) Sulawesi Utara (Sulut) di Paal 4 Kecamatan Paal 2 Manado, telah berdiri tenda sederhana.

Lengkap dengan kursi-kursi yang telah penuh diisi oleh para anggota Pertuni dari berbagai kabupaten/kota yang sengaja datang untuk mendengarkan sosialisasi dari Bank Indonesia(BI) mengenai ciri-ciri uang rupiah emisi 2016, Rabu (19/4/2017).

Wajah Marthen Sekun (46), penyandang disabilitas terlihat begitu serius mendengarkan penjelasan dari petugas Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) mengenai ciri-ciri uang rupiah tahun emisi 2016.

Tongkat kecil dari almunium dipegang erat tangannya, agar jangan sampai hilang.

Sebab tongkat tersebut menjadi alat bantunya beraktifitas.

"Uang rupiah yang baru ini mudah dikenali, karena ada tanda garis-garisnya pada ujung satu di antara sisinya jika diraba," ujarnya.

Dengan ciri-ciri semakin sedikit garisnya, semakin besar nilai rupiah, sehingga semakin mudah dikenali.

Biasanya kalau uang rupiah yang lama, cara mengenalinya berdasarkan panjang uangnya.

Atau kalau kesulitan minta bantuan orang lain untuk mengetahui nilainya. Selama ini sehari-hari dirinya berjualan kacang, tisu atau bermain keyboard. "Selama ini saya bersyukur dapat mengetahui nilai uang rupiah, meskipun minta bantuan kepada orang lain," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Herviansyah
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help