TribunManado/

Puluhan Ribu Warga Belum Ikut Program JKN KIS

Masyarakat di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ternyata banyak yang belum mengikuti program Jaminan Kesehatan Nasional

Puluhan Ribu Warga Belum Ikut Program JKN KIS
TRIBUNMANADO/WARSTEF ABISADA
Sosialisasi BPJS Kesehatan 

Laporan wartawan Tribun Manado Warstef Abisada

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO - Masyarakat di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ternyata banyak yang belum mengikuti program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS). Dari sekitar 94 ribu masyarakat yang ada, baru sekitar 36 ribu saja yang sudah mengurusnya di Kantor BPJS sebagai penyelenggara program tersebut.

‘’Diharapkan kepada masyarakat yang belum mengikuti program JKN KIS, segera mengurusnya ke kantor BPJS, sebab sangat penting untuk mendapat layanan kesehatan lebih optimal,’’ kata Asripan Nani, Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, saat sosialisasi program JKN KIS, Jumat (7/4).

Tak hanya masyarakat biasa yang belum mengurus, Asripan mencatat ada juga 162 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang belum memiliki kartu JKN KIS.

“Belum tercatatnya 162 ASN ini dalam pembayaran BPJS, menjadi temuan BPK. Jadi diharapkan awal Mei tahun ini sudah dituntaskan pengurusannya, agar tak menjadi temuan lagi,’’ tegas Asripan.

Kepala BPJS Cabang Tondano dr Nora Manurung mengatakan pihaknya akan membantu masyarakan maupun ASN untuk masuk dalam program JKN KIS. Sebab, sangat baik dalam upaya mendapatkan layanan kesehatan lebih berkualitas.

‘’Tahun 2019 sesuai harapan Bapak Presiden, semua masyarakat di Indonesia sudah tercover dalam program JKN KIS. Jadi, yang belum tercover, harus segera mengurusnya termasuk ASN di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara,’’ ujarnya.

Program JKN KIS kata Nora, bisa mengcover hingga tiga orang anak dari ASN, dengan potongan sebesar 5 persen, yang bersumber dari APBD 3 persen dan 2 persen gaji.

‘’Banyak orang yang bisa ditanggung lewat program ini, sebab sifatnya gotong royong,’’ tukasnya

Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Rine_Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help