Renungan Minggu

Allah Akan Membangkitkan

Mereka akan hidup kembali. Sebagian dari nubuat itu terlaksana ketika Yesus membangkitkan Lazarus (Bacaan Injil).

Allah Akan Membangkitkan
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bacaan Pertama merupakan sebagian kisah penglihatan Yehezkiel: Allah bernubuat bahwa Dia akan membuka kubur umat‑Nya dan akan membangkitkan mereka.

Mereka akan hidup kembali. Sebagian dari nubuat itu terlaksana ketika Yesus membangkitkan Lazarus (Bacaan Injil).

Sesudah mendengar bahwa Lazarus sakit, mengapa Yesus "sengaja tinggal dua hari lagi di mana Ia berada" (Yoh 11:16)?

Mengapa Yesus baru tiba di tempat Lazarus sesudah empat hari dia dikubur? Menurut keyakinan orang Yahudi, dalam 3 hari, arwah orang mati masih mengenali wajahnya.

Talmud Jerusalem memberi kesaksian tentang keyakinan itu: "Selama tiga hari pertama setelah kematian, jiwa seseorang masih melayang‑layang di atas tubuh, ada kemungkinan jiwa itu akan kembali ke tubuh.

Ketika jiwa melihat pada tubuh, pada perubahan penampilan wajahnya, maka kemudian barulah ia pergi berjalan meninggalkan tubuh itu." (Yebamot 16: 3)

Jadi, pada saat Yesus tiba, Lazarus sudah benar‑benar mati. Rohnya tidak mungkin kembali ke dalam tubuhnya.

Tetapi oleh kuasa Yesus, Lazarus dibangkitkan. Yesus sungguh‑sungguh "kebangkitan dan hidup" bagi orang yang percaya kepada‑Nya.

Lazarus masih mengalami kematian lagi, tetapi kebangkitan Yesus menjadi jaminan bahwa kematian bukanlah akhir dari segala‑galanya.

Yesus sendiri menegaskan: "Akulah kebangkitan dan hidup, barangsiapa percaya kepada‑ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan percaya kepada‑Ku, tidak akan mati selama‑lamanya."

Halaman
12
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved