TribunManado/

Bulan Agustus, Kapal Pesiar Parkir di Teluk Manado, Tersedia 900 Kamar untuk Wisatawan

"Bulan Agustus akan sewa kapal pesiar 900 kamar, yang akan parkir di Teluk Manado, kapal pesiar dari Cina," jelasnya.

Bulan Agustus, Kapal Pesiar Parkir di Teluk Manado, Tersedia 900 Kamar untuk Wisatawan
Ilustrasi kapal pesiar 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Kunjungan wisatawan asing ke Sulut yang melonjak sejak tahun lalu. Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara pun mengantisipasi akomodasi para turis ini.

Wakil Gubernur Sulawesu Utara Steven Kandouw mengatakan, jika sudah running (berjalan) empat penerbangan sekaligus, berarti dalam sehari ada 800 penumpang.

Lanjut pada hari keempat menjadi 3.200 penumpang, jika dibagi dua ada 1.600 kamar yang harus disiapkan untuk wisatawan.

"Perhitungan itu baru satu operator. Praktis hotel bintang empat yang ada di Sulut belum mampung tampung tamu," ujar Wagub.

Pemprov Sulut bekerjasama dengan para pelaku pariwisata telah memiliki solusi terbaik.

"Bulan Agustus akan sewa kapal pesiar 900 kamar, yang akan parkir di Teluk Manado, kapal pesiar dari Cina," jelasnya.

Kata Wagub, pihaknya akan membantu regulasinya, Agustus akan dimulai dengan tryout keberadaan kapal pesiar itu.

Terpisah, Dino Gobel Koordinator Satgas Pariwisata Sulut mengatakan, niat Pemprov mendatangkan kapal pesiar dengan kapasitas 900 kamar, untuk menopang kunjungan wisatawan ke Sulut yang ditargetkan sebanyak 700 sampai 2 juta orang pada 2017 ini.

Konektivitas penerbangan Tiongkok akan terus bertambah frekuensinya, juga dengan pasar dari Korea dan Jepang, serta mulai pulih pasar Eropa, maka jumlah kamar hotel masih perlu ditambah.

"Target tamu tak hanya wisatawan tapi juga peserta even meeting insentive confrence dan expo atau MICE, dari kementerian di Jakarta maupun BUMN dan perusahan swasta yang menjadikan Sulut sebagai tuan rumah acara, maka daya tampung kamar yang kedepan masih perlu ditambah," ujarnya.

Hadirnya kapal pesiar 900 kamar ini diharapkan bisa ikut memecahkan kebutuhan kamar hotel, agar target ke depan bisa terwujud.

"Untuk menunggu investasi beberapa hotel yang mulai membangun tentu masih butuh waktu, sementara per Mei saja frekuensi satu sampai empat flight dari Tiongkok ke Manado lewat Lion Air carter flight. Citylink dan Sriwijaya akan masuk, Juni juga dari Tiongkok, dan pesawat carter Jin Air dari Seoul Korea ke Manado akan mulai Mei," kata dia. (crz)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Fransiska_Noel
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help