TribunManado/

Tribun Manado History

Pantai Firdaus Kema, Dulunya Tempat Pedagang Yaman  Mendirikan Kemah

Beberapa abad yang lalu, para pedagang dari Yaman juga berada di atas pasir itu. Mereka mendirikan kemah di sana.

Pantai Firdaus Kema, Dulunya Tempat Pedagang Yaman  Mendirikan Kemah
TRIBUNMANADO/ARTHUR ROMPIS
Pantai Firdaus 

TRIBUNMANADO.CO.ID -SENGATAN sinar mentari di awal Maret, tak menyurutkan semangat seorang turis pria asal Eropa untuk menikmati pasir putih Pantai Firdaus di Desa Kema 2, Kecamatan Kema, Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Sudah tiga jam dihabiskannya di pantai itu, sejam lamanya berbaring di pasir.

Beberapa abad yang lalu, para pedagang dari Yaman juga berada di atas pasir itu. Mereka mendirikan kemah di sana.

Semenjak dibuka dan booming beberapa tahun lalu, Pantai Firdaus terus didatangi turis asing. Mereka tertarik pada lautnya yang biru, pasir putih, pemandangan yang menakjubkan serta berbagai wahana permainan seperti banana boat, selancar jet, hingga perahu.

Serbuan turis di pantai itu sejatinya bukan baru beberapa tahun ini saja, namun sudah berlangsung selama berabad‑abad lamanya.

Kema dulunya adalah salah satu pelabuhan utama di wilayah Celebes. Posisinya yang dekat dengan Maluku yang jadi pusat perdagangan dunia membuat pelabuhan itu menjadi tempat transit para pedagang asing dari Spanyol, Portugis, Arab serta Belanda.

Sembari berdagang di Kema, para pedagang asing ini menikmati pantai keindahan Firdaus.

Ismet Jailani, tokoh masyarakat setempat, mengatakan, para pedagang Yaman dulunya mendirikan kemah di tempat itu sambil menanti waktu berlayar ke Maluku.

"Mereka datang sesudah dagang di Maluku, maksudnya untuk rekreasi. Di mata mereka tempat itu (Pantai Firdaus) sangat indah," kata dia.

Disebutnya, beberapa pedagang tidak meneruskan perjalanan ke tempat asalnya. Mereka tinggal, kawin dengan warga sekitar dan membentuk pemukiman.

Halaman
1234
Penulis: Arthur_Rompis
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help