TribunManado/

Kajati Sulut Minta Kejari Minahasa tak Sembunyikan Informasi

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Utara Mangihut Sinaga disambut tarian Kawasaran saat tiba di kantor Kejaksaan Negeri

Kajati Sulut Minta Kejari Minahasa tak Sembunyikan Informasi
ALPEN MARTINUS
Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Utara Mangihut Sinaga di kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Minahasa, Senin (20/3).

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO- Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Utara Mangihut Sinaga disambut tarian Kawasaran saat tiba di kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Minahasa, Senin (20/3).

Sebelumnya ia sudah disambut oleh Bupati Minahasa Jantje Sajow dan Forkopimda di rumah makan di pinggir danau Tondano, usai itu baru berkunjung ke Kejari Minahasa.

Cukup lama kegiatannya di Kejari Minahasa, mulai dari memberikan motivasi hingga cek fasilitas yang dimiliki oleh Kejari Minahasa didampingi oleh seluruh staf dan jajaran Kejari Minahasa, juga Kajari Minahasa Saptamarga Setyabudi.

"Saya memang mengunjungi semua Kejari di Sulut dan khusus Minahasa kali ini saya kunjungi Kejari Minahasa untuk cek infrastruktur dan kinerja," jelas Sinaga.

Ia juga melakukan cek apa yang jadi kelemahan dan kekurangan di Kejari Minahasa."Tenaga kami masih kurang khususnya juga, dan ini akan saya laporkan ke pimpinan," jelasnya.

Sinaga juga memotivasi kerja para jaksa lebih giat dalam bekerja."Harus profesional, berintegritas, akuntabel, mampu jabarkan dan melaksanakan tugas dari tpimpinan sebagai penegak hukum, lakukan koordinasi baik," jelas dia.
Dirinya juga meminta agar para jaksa bisa buka pikiran dan buka hati terhadap semua perkara yang ditangani, khususnya yang berhubungan dengan informasi terhadap media.

"Berikan timbal balik sesuai UU keterbukaan publik, kalau ada laporan masyarakat setelah sudah dikonfimasi berikan informasi jelas supaya semua tahu, kalau sudah tindaklanjuti beritahu juga, tidak perlu disembunyikan, tidak zamannya lagi menutupi permasalahan," ujarnya.

Ia meminta untuk lakukan penegakan hukum dengan profesional dan hati-hati, dan tidak zamannya lagi untuk berbuat macam-macam." Hindari perbuatan menyimpang, makanya sekarang ada tim Saber Pungli,
jangan hanya di lain ditindaki tapi di dalam kita juga, tidak ada yang main-main, saya akan tindak tegas kalau tidak disiplin," jelasnya.

Menurutnya, kalau ada laporan segera tindaklanjuti, buat sekmanya baik, buat informasi publik supaya masyarakat bisa tahu."Jangan ada coba menghindar dari pers, apa hasilnya atau perkembangan masalahnya kita harus publikasikan," ujarnya.

Kejaksaan juga menurutnya harus proaktif, jika ada laporan jangan ditunggu tapi langsung ditindaklanjuti. Semisal jika ada laporan terkait dana desa.

"Bisa intelejen pantau lapangan, namun tolong berikan data awal supaya bisa ditindaklanjuti, kalau hanya teriak tanpa alat bukti janganlah data awal akan diolah," jelasnya.

Ia berharap agar media dan masyarakat juga dapat membantu memberikan informasi yang valid kepada Kejari agar bisa ditindaklanjuti."Kalau mereka tidak bisa tindaklanjuti dari Kejati bisa ambil alih, tapi marilah kita menghormati tugas dan tanggungjawab masing-masing," jelasnya. (Amg)

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help