TribunManado/

Begini Kata Dosen Veronica Kumurur Soal Banjir di Manado

Veronica Kumurur, Dosen Fakultas Teknik Unsrat Jurusan Arsistektur Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, kondisi itu jangan salahkan alamnya.

Begini Kata Dosen Veronica Kumurur Soal Banjir di Manado
TRIBUNMANADO/NIELTON DURADO
banjir di Manado

 TRIBUNMANADO.CO.ID-Banjir kini sudah menjadi langganan disebagian besar wilayah kota Manado. Menurut Veronica Kumurur,  Dosen Fakultas Teknik Unsrat Jurusan Arsistektur Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, kondisi itu jangan salahkan alamnya.

Perubahan iklim memang sudah terjadi. Kondisi wilayah rentan pada kerusakan sehingga harus tingkatkan daya dukung terhadap lingkungan hidup, yang pada saat ini sudah sangat menurun.

Penyebabnya adalah pembangunan pemukiman atau perumahan, perkebunan hingga pertambangan yang tidak memperhitungkan arealnya.

Seperti contoh pembangunan perumahan di hulu merupakan daerah resapan air dan didataran tinggi, yang seharusnta tidak boleh dilakukan untuk menjaga mutu air.

Begitu juga selain pembangunan perumahan atau pemukiman, dibuat areal untuk perkebunan dengan cara menebang pohon-pohon. Menyebabkan air tidak meresap sehingga terjadi erosi, partikel tanah lewat ke sungai terjadi pendangkalan sungai. Meski dilakukan upaya pengerukan tetap saja akan terjadi erosi jika kondisi areal hulu sudah bangun perumahan dan dijadikan lahan perkebunan.

Masalah ini kembali lagi menjadi perhatian pemerintah bukan hanya masyarakat. Masyarakat sudah berpuluh-puluh tahun disampaikan agar jangan buang sampah sembarangan. Sedangkan pemerintah jangan sembarangan keluarkan izin hingga memperhatikan penggunaan ruang.(crz)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help