Banjir Manado, Ferdy Warga Tass tak Sempat Selamatkan Barang

Ferdy Sinadia warga Kelurahan Taas lingkungan IV Kecamatan Tikala Kota Manado tak sempat menyelamatkan barang berharga didalam rumahnya

Banjir Manado, Ferdy Warga Tass tak Sempat Selamatkan Barang
IST

TRIBUNMANADO.CO.ID,MANADO - Ferdy Sinadia warga Kelurahan Taas lingkungan IV Kecamatan Tikala Kota Manado tak sempat menyelamatkan barang berharga didalam rumahnya, saat banjir menerjang, Senin (20/3).

"Banjir capat skali ada datang. So nyanda riki kase kaluar barang dua unit printer dengan kulkas," kata Ferdy.

Menurut Ferdy dari sekian banyak peristiwa banjir yang melanda kota Manado sebelumnya, bahkan hingga banjir besar Kota Manado tidak seperti banjir Senin kemarin. "Jadi ini dapat dikatakan banjir terparah di Taas sejak tahun 1980," kata sembari tertunduk.

Lanjut dia, peristiwa banjir melanda kelurahan Taas di lingkungan I sampai VI. Saat kejadian warga saling mengisolasi satu dengan yang lain ketempat aman. Warga berharp pemerintah dapat lebih memperhatikan wilayah yang menjadi langganan banjir.

"Pemerintah harus melakukan normalisasi sungai dan saluran air seperti di Jakarta yang dilakukan Gubernur Ahok. Sungai di Taas telah terjadi penyempitan akibat bangunan rumah," pungkasnya.

Terpisah Noldy Liow kepala Badan penanggukangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut menerangkan dari data sementara yang dihimpun dampak dari hujan deras yang mengguyur kota Manado terjadi banjir dan longsor disejumlah wilayah (lihat grafis). "Longsor enam titik dan banjir sembilan titik dengan korban luka sudah di bawa ke puskesmas terdekat untuk dilakukan tindakan medis," kata Liow.(crz)

Grafis:

Banjir: Kelurahan Taas lingkungan I sampai VI
Banjir: Kelurahan Mahawu, 
Kelurahn Sumompo, 
Kelurahan Ternate Baru, 
Kelurahan Ranomuut, 
Kelurhan Perkamil, 
Kelurahan Taas
Kelurahan Sario Kotabaru, 
Kelurahan Tanjung Batu, 
Kelurahan Kembang

Longsor: Kelurahan Ranomuut dan Kelurahan Tanjung Batu

*) Sumber: BPBD Sulut dan Warga Kelurahan Taas

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help