TribunManado/

Sebanyak Lima Desa di Minut Akan Terima Dandes

5 desa yang belum memasukkan LPJ yakni Desa Tumaluntung, Likupang Dua, Paniki Baru, Kolongan dan Watutumou 3.

Sebanyak Lima Desa di Minut Akan Terima Dandes
Ilustrasi Dana Desa 

TRIBUNMANADO.CO.ID, AIRMADIDI - Tahun 2016 Dana Desa Rp1,2 miliar belum bisa direalisasikan Pemkab Minut melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) kepada 5 desa, karena belum memasuk laporan pertanggungjawaban (LPJ). Hal ini dikatakan Kepala Dinas Sosial dan PMD Minut, Cakrawira Gundo Senin (20/3/2017).

Namun menurutnya itu sudah diselesaikan ke 5 desa tersebut dengan memasukkan laporan LPJ pada awal bulan Maret 2017.

"5 desa yang belum memasukkan LPJ yakni Desa Tumaluntung, Likupang Dua, Paniki Baru, Kolongan dan Watutumou 3. Jadi kelima desa ini sudah memasukkan laporan penggunaan anggaran mereka dan berhak menerima dana desa pada tahun ini," Jelasnya.

Dikatakan Gundo, jika desa lainnya menerima anggaran hingga 2 tahap pada tahun ini, berbeda dengan kelima desa tersebut dimana penyaluram dilakukan 3 tahap.

"Tahap pertama kelima desa ini akan menerima dana sesuai dengan anggaran yang seharusnya disalurkan pada tahap kedua pada tahun kemarin. Dana yang tidak mereka terima tahun kemarin pada penyaluran tahap kedua, akan diberikan pada tahap pertama tahun ini. Sementara desa lainnya akan menerima anggaran yang baru sesuai pagu yang sudah ditetapkan tahun ini," katanya.

Anggaran Dandes 2017 untuk Minut mengalami kenaikan dari Rp 75,6 miliar menjadi Rp 96,8 miliar untuk 125 desa. "Dana desa ini akan diberikan sesuai alokasi dasar 90 persen dan 10 persen untuk alokasi formula.

Untuk pencairan anggaran desa ini, diwajibkan setiap desa membuat APBDes. Dipastikan penggunaan dana ini akan disalurkan pada bulan April 2017 ini," pungkasnya.(fer)

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help