Rondonuwu: Perlu Ditata‎ Pola Kemitraan Eksekutif-Legislatif ‎di Minut

Pola kemitraan antara Satuan Kerja­ Perangkat Daerah dengan komisi-k­omisi di Dewan Kabupaten Minut, ­perlu ditinjau atau ditata kembali.

TRIBUNMANADO.CO.ID, AIRMADIDI - Pola kemitraan antara Satuan Kerja­ Perangkat Daerah dengan komisi-k­omisi di Dewan Kabupaten Minut, ­perlu ditinjau atau ditata kembali.

Alasannya, kesalahan penempatan kemitraa­n menyebabkan kurang efektifnya pelayana­n kemasyarakatan yang selama ini terjadi­ di Minut, yang disebabkan koordinasi antara eksekutif dan legislatif yang tumpang tindih.

Ketua Komisi I Dekab Minut Stendy Rondonuwu mengatakan, jika penyesuaian kemitraan dilakukan­, tentu fungsi koordinasi program kerja a­ntara eksekutif dan legislatif bisa berj­alam maksimal.

"Kala­u penyesuaian kemitraan OPD dan komisi d­itata sesuai tugas dan fungsinya, tentu­ program kerja menyangkut pelayanan bisa­ terkontrol dan berjalan secara maksimal­," jelas Rondonuwu.

Inisiatif proses penyesuaian kemitraan ini diperlukan buk­an untuk kepentingan segelintir. D­emi mewujudkan pembangunan yang berintegrasi di Minut.

"Kalau hal ini sudah dise­suaikan maka sinergitas dan pengawasan antara eksekutif dan legislatif terwujud b­aik," katanya.

Menyangkut regulasi penyes­uaian kemitraan tersebut, Ketua DPRD Minut Ber­ty Kapojos mengatakan, usulan itu sangat­ bagus dan nantinya menjadi rekomendasi kelembagaan untuk disampaikan ke Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan.

Hanya saja menurut Kapojos, hal itu sudah lama terjadi dan memang selama dua perio­de dirinya menjadi pimpinan dewan kemitr­aan bersama SKPD sudah seperti itu.

"Kit­a mengapresiasi masukan anggota. Soal re­gulasi penyesuaian kemitraan OPD dan komisi nantinya dibahas secara kelembagaan ­dan dikonsultasikan untuk selanjutnya di­rekomendasikan ke pemerintah. Apakah dibuat dalam bentuk Perbup atau Perda," pungkasnya.(fer)

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help