TribunManado/

Kusno : 828 Ekor Sapi di Boltim akan Dibuntingkan

Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mendapat kuota sapi indukan wajib bunting sebanyak 828 ekor.

Kusno : 828 Ekor Sapi di Boltim akan Dibuntingkan
TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN
Hewan sapi yang mendapat Inseminasi Buatan

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN-Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mendapat kuota sapi indukan wajib bunting sebanyak 828 ekor.

Kepala Dinas Pertanian, Ramlah Mokodompis melalui Kabid peternakan dan perkebunan Kusno Mamonto mengungkapkan, Kabupaten Boltim memiliki sapi potong sebanyak 4.825 ekor. Boltum belim memiliki sapi perah.

"828 ekor sapi akan dibuntingkan terdiri 520 ekor sapi yang akan mendapat inseminasi buatan. Sisanya akan diupayakan kawin secara normal," bebernya, pada Senin (20/3).

Petugas peternakan akan memasukan semen pejantan unggul ke dalam alat kelamin betina dengan menggunakan alat inseminasi agar sapi bunting.

Kegiatan ini merupakan program pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi."Target kita sudah action pada Maret ini," ucapnya.

Pihaknya masih melakukan pendataan sapi yang akan mendapatkan inseminasi buatan. "Kita ingin menargetkan swasembada daging. Kebutuhan masyarakat akan daging memang sudah tercukupi tapi kita akan memenuhi kebutuhan dalam negeri," terangnya.

Dia menambahkan pemda akan membantu delapan kelompok peternak akan mendapat bantuan 160 ekor kambing.

"Ada juga bantuan 560 ekor itik untuk delapan kelompok," bebernya.

Boltim memiliki kambing sebanyak 4.000 ekor, babi sebanyak 3.527 ekor, kuda hanya dua ekor, ayam buras 59.250 ekor, ayam petelur sebanyak 26.643 ekor, ayam daging sebanyak Rp 21.420 ekor, itik sebanyak 3.688 ekor, itik manila 2.684 ekor, kelinci hanya 192 ekor, merpati sebanyak 750 ekor dan anjing sebanyak 4.450 ekor. (Ald).

Penulis: Aldi_Ponge
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help