TribunManado/

40 Siswa SMA di Boltim ikut USBN

Sebanyak 40 siswa Sekolah Menangah Atas (SMA) Tutuyan di Kabupaten Bolang Mongondow Timur (Boltim) mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

40 Siswa SMA di Boltim ikut USBN
TRIBUNMANADO/ALDI PONGE
siswa SMAN 1 Tutuyan mengikuti ujian sekolah berstandar nasional mengikuti ujian pada senin (2) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN-Sebanyak 40 siswa Sekolah Menangah Atas (SMA) Tutuyan di Kabupaten Bolang Mongondow Timur (Boltim) mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Peserta USBN, Kiki Renaldi Patama mengaku tak khawatir dalam menjalani ujian tersebut. Materi soal yang diterima, umumnya telah mereka dapatkan selama sekolah dan pengayaan belajar.

"Hari pertama lebih enteng. Naskah soalnya lebih gampang karena hanya mata pelajaran agama dan geografi untuk kelas IPS," ujarnya, pada Senin (20/3).

Kendati begitu, Ia tetap serius menjalani USBN tersebut. "Ujian ini jadi penentuan kelulusan," ucapnya.

Kepala SMAN 1 Tutuyan, Ramjito mengatakan pelaksanaan USBN baru dilaksanakan pertama kalinya tahun ini. Para peserta akan menjalani ujian mata pelajaran selama empat hari.

"Naskah soalnya 25 persen dari pusat dan 75 persen oleh musyawarah guru mata pelajaran di daerah. USBN digelar serentak se Indonesia. Jadwal ujian disusun pemerintah pusat" katanya.

Lembar jawaban peserta USBN akan diperiksa oleh pihak sekolah. Hasil USBN akan menentukan kelulusan siswa.

"Hasil rata-rata rapor dan hasil USBN akan dimuat dalam ijazah. Ini akan menentukan kelulusan siswa. Hasil ujian nasional tinggal untuk pemetaan," bebernya.

Katanya, pelaksanaan ujian nasiolan akan digelar April mendatang. Pihaknya akan menambah jam belajar siswa melalui bimbingan belajar.

"Kendati UN bukan lagi penentu kelulusan. Namun siswa kami tetap persiapkan agar serius menghadapi ujian nanti," jelasnya.

Kabupaten Boltim memiliki 11 SMA dan SMK sederajatnya yang telah menjadi wewenang pemerintah provinsi sejak 1 Januari silam. (Ald).

Penulis: Aldi_Ponge
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help