TribunManado/

Sekolah Adat Koha Ingin Kembalikan Budaya Minahasa yang Hilang

Di tengah modernisasi serta perkembangan teknologi menghantam generasi muda. Budaya serta tradisi sudah hampir puna.

Sekolah Adat Koha Ingin Kembalikan Budaya Minahasa yang Hilang
net
Tarian Cakalele salah satu tarian budaya di Minahasa. foto ilustrasi

 TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO- Di tengah modernisasi serta perkembangan teknologi menghantam generasi muda. Budaya serta tradisi sudah hampir puna.

Apalagi mewarisi tradisi leluhur yang menjadi pedoman hidup. Maka budaya nenek moyang coba dipertahankan gadis yang satu ini, Nedine Helena Sulu. 

"Saya coba membuat satu sekolah namanya sekolah adat. Mulai belajar dari sejarah serta awalnya manusia percaya pada Tuhan kami belajar bersama," kata Nedine Sulu. Minggu (19/3).

Kata dia, tiap kali mengambil waktu duduk bersama dengan puluhan anak di salah satu area perkebunan Desa Koha, Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Sambil belajar dengan posisi duduk melingkar samping batu besar, menikmati singkong, pisang dan jagung rebus, dabu-dabu roa (sejenis sambal ikan roa) serta buah langsat.

 “Ini salah satu kegiatan belajar di Sekolah Adat Koha. Ini juga bentuk inisiatif untuk menelusuri jejak leluhur, mempelajarinya, sekaligus mewarisi kearifan lokal leluhur Minahasa,” kata Nedine

Dia menuturkan,  di era dunia yang kian canggih teknologi yang menggerus budaya lokal maka tak heran generasi sekarang meninggalkan identitas budayanya.

 "Pada awalnya leluhur kita melalui tradisi sebenarnya mengajarkan kita bagaimana mengelola lingkungan, hutan, untuk kelangsungan hidup,” ujar Nedine.

Nedine mengungkapkan, di sekolah itu para pemuda akan belajar asal usul suku Minahasa, pengetahuan obat – obatan tradisional, pangan lokal, cara bertani, lagu, tarian seperti kabasaran atau cakalele dan bahasa daerah.

 “Karena kita tahu, dalam pendidikan formal di sekolah para pelajar tidak mendapatkan pengetahuan mereka tentang hal-hal ini semua.

Halaman
123
Penulis: Vendi Lera
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help