TribunManado/

Feybe Janji Perjuangkan Aspirasi Mayarakat Dapil III Minahasa

Seminggu waktu reses anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Minahasa usai sudah, beberapa aspirasi masyarakat sudah diperoleh

Feybe Janji Perjuangkan Aspirasi Mayarakat Dapil III Minahasa
ALPEN MARTINUS

  

Laporan wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO- Seminggu waktu reses anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Minahasa usai sudah, beberapa aspirasi masyarakat sudah diperoleh dan tinggal ditindaklanjuti.

Seperti yang  dilakukan oleh Feybe Sanger anggota DPRD di dapil III yang menyerap aspirasi di enam desa yaitu Kayuwatu ,Desa Tountimomor, Desa Touliang kecamatan Kakas  Barat, Desa Wailang, Desa Sendangan Kakas, dan Bukit Tinggi Kecamatan Kakas Barat. 

Seperti biasanya Feybe Sanger melakukan reses sendirian sebagai Anggota DPRD Minahasa dengan pertimbangan  mendengar langsung aspirasi warga desa secara psikologi pribadi merasa ada keterbebanan  untuk meneruskan aspirasi itu ke pihak-pihak yang berkompeten.

Beberapa poin hasil reses yang diperoleh dari reses tersebut di antaranya,  di desa Kayuwatu warga meminta jalan alternatif untuk desa Kayuwatu, tanggul untuk desa Inpres, serta perbaikan Puskesmas pembantu, proyek air bersih untuk Kayuwatu karena mata air cukup baik yaitu Ranoterang di Kayuwatu. 

"Mereka juga minta bantuan pemerintah untuk pembangunan pagar sekolah ,serta perlunya penambahan tenaga pendidik karena sangat terbatas jumlah guru karena hanya 2 orang PNS," jelas dia.

Sementara di desa Tumimomor Kakas Barat 
Warga mengaku belum menerima fasilitas air bersih di wilayah pemukiman baru, di sebabkan mesin yang beroperasi belum mampu menjangkau semuanya. Pembangunan MCK dan bantuan bedah rumah bagi masyarakat yang kurang mampu juga diminta, serta jalan perkebunan untuk masyarakat dan jalan Menuju pekuburan.

Berbeda di desa Touliang yang warganya meminta pengaspalan jalan perkebunan Panasen, serta meminta bantuan hand traktor untuk kelompok tani, saluran sungai Ranomea yang perlu dinormalisasi karena sering menyebabkan banjir, sepanjang 2 kilometer, dan perawatan jalan dalam desa sepanjang 1,5 kilometer.

Di desa Wailang Feybe mendapat aspirasi permintaan warga berupa pembuatan tanggul penahan untuk tanah longsor dan
Pembuatan jalan dalam Desa Wailang

Untuk desa Sendangan warga meminta 
bantuan pemerintah untuk irigasi pertanian antara Sendangan -Kaliambong, bantuan untuk membentuk kelompok Mapalus, jalan dalam desa Sendangan, juga permintaan aspal jalan menuju perkebunan Keliakel yang sudah dibuka.

Sementara di Bukit Tinggi warga yang kebanyakan nelayan meminta bantuan kapal penangkap ikan atau pajeko, serta jalan menuju Desa Bukit Tinggi yang melewati desa Wailang diminta untuk diperbaiki.

"Saya berjanji akan meneruskan ke pihak-pihak berkompeten seperti dinas," jelas dia.

Beberapa aspirasi yang dirasa bisa dilaksanakan oleh pemerintah desa lewat dana desa Feybe meminta pemerintah desa membantu masyarakat dengan menyiapkan kebutuhan sesuai dengan skala prioritas di desa tersebut. 

"Saya mengapresiasi pemerintah desa yang ada di 6 desa tempat reses karena telah pro aktif memberikan aspirasinya, bahkan para hukum tua hadir dan sangat pro aktif sehingga saya termotivasi untuk meneruskan aspirasi-aspirasi tersebut sebagai wakil rakyat yang adalah representasi Dapil III," ujar dia.(amg)

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help