TribunManado/

Dinkes Bolmong Perketat Pengawasan Depot Air Isi Ulang

Dinas Kesehatan Bolaang Mongondow memperketat pengawasan terhadap depot air isi ulang. Ini untuk mencegah produksi air tak sehat yang beredar pada ma

Dinkes Bolmong Perketat Pengawasan Depot Air Isi Ulang
NET
Ilustrasi 

  
Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Dinas Kesehatan Bolaang Mongondow memperketat pengawasan terhadap depot air isi ulang. Ini untuk mencegah produksi air tak sehat yang beredar pada masyarakat.

"Kami membentuk tim untuk mengawasi depot isi ulang di Bolaang Mongondow. Saat ini sudah banyak tempat usaha depot air ini ulang," ujar Kepala Dinas Kesehatan Bolmobg, Juli Papuling.

Pemeriksaan yang dilakukan tim pengawas dari Dinkes Bolmong fokus pada bersih tidaknya kadar air yang dijual pada masyarakat.

"Mau diambil dari mata air pegunungan atapun sumur tidak masalah. Selama kebersihan air itu terjaga dan memenuhi standar kesehatan, mereka bisa beroperasi," ucap Papuling.

Pada 2016 lalu, ada 80 depot yang terdaftar di Dinkes Bolmong. Empat di antaranya belum memenuhi syarat. Namun Dinkes baru sebatas memberi teguran, belum ada sanski.

"Tahun lalu hanya sebatas pembinaan, sehingga di tahun 2017 ini mereka telah berbenah dan akhirnya bisa memenuhi persyaratan," ucapnya.

Ia mengimbau pemilik usaha depot air isi ulang agar menjaga kebersihan di lokasi tempat usaha. Serta mengutamakan hak-hak konsumen dengan selalu melakukan perawatan dan pembersihan secara rutin pada alat penyaring air.

"Perawatan itu penting guna memberikan tingkat kepercayaan kepada konsumen. kami akan seriusi depot air yang tidak memenuhi standar," ucapnya menandaskan. (fin)

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help