TribunManado/
Home »

Opini

Apa yang Manado Bisa Petik dari Pariwisata Sabah

Manado memiliki potensi untuk menjadi salah satu pusat kegiatan pariwisata yang luar biasa.

Apa yang Manado Bisa Petik dari Pariwisata Sabah
sabahtourism.com
Gunung Kinabalu adalah gunung tertinggi di Asia Tenggara pada ketinggian 4,095m. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Saya berada di Manado bulan lalu dan saya merasa takjub dengan apa yang saya temukan.

Saya memiliki firasat bahwa Manado memiliki potensi untuk menjadi salah satu pusat kegiatan pariwisata yang luar biasa. Dapat dipastikan Manado tidak memiliki kekurangan jika ingin melakukan hal-hal menarik di sana.

Manado memiliki lokasi menyelam yang bagus, kawasan pendakian hutan pegunungan di atas kota, dan keindahan budaya lokal (Minahasa) yang diwarnai dengan hidangan kuliner yang menarik—meskipun  rasanya masih terlalu asing  di lidah saya!

Hal ini penting ketika Anda menyadari bahwa selera pariwisata global saat ini lebih kepada keaslian, lingkungan, dan petualangan. Lihat saja kepopuleran acara petualangan di Trans TV, 'My Trip My Adventure'. Itu semua menunjukkan destinasi-destinasi yang dulunya terabaikan, seperti Sumba, Nias, dan Tual kini telah menjadi destinasi pariwisata yang menarik bagi para wisatawan.

Jangan  lupa juga, banyak uang yang bisa dihasilkan dari sektor pariwisata. Pada 2014, sektor travel dan pariwisata berkontribusi 4,8% terhadap total PDB  Asia Tenggara atau sekitar 117,9 miliar dolar AS. Angka ini diprediksi akan naik menjadi 4,9% atau sekitar 209,4 miliar dolar AS pada 2025.

Namun apa yang harus dilakukan kota seperti Manado untuk mempertahankan industri dengan potensi yang berubah-ubah ini? Hal-hal utama apa saja yang diperlukan untuk menarik para turis (khususnya wisatawan dari pasar krusial dari Asia Utara) dan mendorong mereka agar sering berkunjung?

Saya sangat menyarankan para pemimpin di Manado belajar dari  negara bagian di Malaysia, Sabah.

Gunung Kinabalu adalah gunung tertinggi di Asia Tenggara pada ketinggian 4,095m.
Gunung Kinabalu adalah gunung tertinggi di Asia Tenggara pada ketinggian 4,095m. (sabahtourism.com)

Dengan kesuksesannya menarik 3,4 juta turis pada 2016, sebanyak lebih dari 1 juta berasal dari Tiongkok, Sabah kini telah menjadi salah satu destinasi ekowisata dan petualangan tersukses di Asia

Dengan kombinasi kekayaan alam yang dimiliki, mulai dari Gunung Kinabalu (gunung tertinggi di Asia Tenggara), tempat olahraga snorkeling serta hutan-hutan yang sangat alamiah, hampir tak ada bedanya objek wisata di Sabah dengan  yang dimiliki Manado.

Maskapai berbujet rendah, AirAsia dan Lion Air juga telah berperan penting dalam menekan biaya perjalanan dan menambah kapasitas.

Halaman
123
Editor: Rine_Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help