TribunManado/

Lurah dan Sangadi tak Boleh Keluarkan Surat Domisili Warga Asing

Beredar Surat Keterangan Domisili Warga Negara Asing asal Cina. Dalam surat yang dikeluarkan Lurah Inobonto I, WNA tersebut bernama Liu Tanggui yang d

Lurah dan Sangadi tak Boleh Keluarkan Surat Domisili Warga Asing
TRIBUNMANADO/DWARS SOUKOTTA
Turis Tiongkok Melantai di Mantos. Foto ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Beredar Surat Keterangan Domisili Warga Negara Asing asal Cina. Dalam surat yang dikeluarkan Lurah Inobonto I, WNA tersebut bernama Liu Tanggui yang diketahui merupakan pekerja PT Conch.

Fotokopi surat tersebut dikeluarkan pada 6 Maret 2016 yang ditanda tangani Lurah Inobonto I, Filma Manoppo lengkap dengan cap kelurahan. Dengan nomor surat 179/KEL.L.C.10.01/INB-I/III/2017.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bolmong Iswan Gonibala mengatakan berdasarkan aturan yang ada, kepala desa, lurah atau sangadi tak berwenang mengeluarkan surat keterangan domisili sementara terhadap tenaga kerja asing.

"Prosedurnya setelah melaporkan ke imigrasi, yang bersangkutan harus melaporkan diri ke Disdukpencapil dengan membawa surat keterangan dari imigrasi," ujarnya Kamis (16/3).

"TKA harus didampingi pemerintah desa setempat. Singkat kata, yang berwenang untuk mengeluarkan surat domisili TKA adalah Disdukpencapil bukan pemerintah desa atau kelurahan," jelasnya lagi.

Sesuai aturan, lurah atau sangadi yang mengeluarkan itu bisa terjerat hukum. Iswan pun mengaku kaget mendapat informasi serupa.

"Saya juga kaget kenapa bisa begitu. Jika memang benar, seharusnya ada konsekuensi hukum. Sejauh ini kami belum pernah mengeluarkan surat domisili terhadap TKA. Ataupun menerima laporan adanya TKA yang mengurus surat domisili," ujarnya.

Ia mengimbau kepada semua sangadi dan lurah untuk berhati- hati dan tidak mengeluarkan surat domisili TKA. Kalaupun ada, seharusnya camat atau pemerintah desa mengonfirmasi itu ke Disdukpencapil.

"Saya juga mengimbau agar para sangadi memfasilitasi TKA dengan mengarahkan atau mengantar langsung ke Disdukpencapil untuk kemudian dikeluarkan surat domisilinya," jelasnya.

Tak hanya di Kelurahan Inobonto I yang mengeluarkan surat keterangan ini. Pelaksana Harian Sangadi Desa Solog, Yahya Mahmud juga mengaku telah mengeluarkan domisili sementara untuk Warga Negara Asing.

"Surat ini untuk mereka yang bekerja di PT Conch. Selama menjabat sudah 26 TKA yang saya keluarkan surat," ujarnya.

Ia mengaku tidak mengetahui jika pihaknya tidak berwenang dalam hal ini. Yahya mengakui tindakan tersebut sudah lama dilakukan, bahkan sejak tahun 2015. Ia pun mengaku berpegang pada aturan imigrasi.

"Karena saya juga hanya PLH, maka saya hanya tinggal melanjutkan. Selama ini tidak dipersoalkan sehingga saya kira tidak ada masalah. Saya berpegang pada petunjuk imigrasi, jika untuk pembuatan surat domisili harus mendatangkan yang bersangkutan langsung," jelasnya. (fin)

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help