Sehan: Hasil Karya Leluhur Masa Lalu Mencengangkan

-Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar menegaskan perlu ada upaya pelestarian cagar budaya.

Sehan: Hasil Karya Leluhur Masa Lalu Mencengangkan
TRIBUNMANADO/ALDI PONGE
Bupati Boltim Sehan Landjar

 TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN-Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar menegaskan perlu ada upaya pelestarian cagar budaya.

Bupati Boltim Sehan Landjar mengatakan Boltim memiliki beragam jagar budaya yang belum maksimal pelestariannya.

"Situs cara budaya harus terus dijaga kelestariannya. Sehingga menjadi sektor unggulan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat," katanya dalam acara sosialisasi cagar budaya, pada Rabu (15/3).

Katanya, tugas pemda melakukan sosialisasi cagar budaya. Ia menegaskan perlu ada kajian nilai-nilai peninggalan masa lalu.

"Hasil karya leluhur masa lalu mencengangkan, tak habis pikir bagamana cara membangun. Canggihnya kita, beda canggihnya nenek moyang kita. Lihat Borobudur," kata dia.

Dia mengajak masyarakat untuk menjaga dan melindungi benda-benda bersejarah.

"Jangan melakukan pencemaran, jagalah benda-benda bersejarah, sarana dan prasarana yang telah dibangun," imbaunya.

Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan, Rizky Lamaluta mengatakan cagar budaya merupakan warisan budaya bersifat kebendaan berupa benda cagar budaya, bangunan cagar budaya, struktur cagar budaya, situs cagar budaya dan kawasan cagar budaya yang perlu dilestarikan.

"Cagar budaya memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan kebudayaan melalui proses penertapan," terangnya.

Katanya masyarakat memiliki peran dalam upaya pelestarian cagar budaya. Pemerintah berencana akan melakukan pengembangan kawasan budaya terpadu dan kawasan strategis konservasi warisan budaya.

"Harus ada kebijakan untuk melibatkan masyarakat lokal dalam setiap kegiatan," ucapnya

Boltim memiliki beberapa cagar budaya yang perlu dilestarikan antara lain meja batu dan lesung batu di Desa Mokitompia. Ada pula Lesung batu di Desa Bukaka, dan lesung batu di Kotabunan.

"Kita berharap situs-situs ini bisa masuk ke dalam catatan pelestarian cagar budaya," katanya.(Ald).

Penulis: Aldi_Ponge
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help