DPRD Tomohon Ingin Sosialisasikan Perda Inisiatif

Sekretaris DPRD Tomohon, F F Lantang mengungkapkan, satu di antara tugas di bidang legislasi adalah membuat Peraturan Daerah (Perda).

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON - DPRD Tomohon akan menjadikan legislatif Expo yang akan digelar 29 sampai 31 Maret 2017 mendatang sebagai ajang sosialisasi tugas wewenang lembaga legislatif.

Sekretaris DPRD Tomohon, F F Lantang mengungkapkan, satu di antara tugas di bidang legislasi adalah membuat Peraturan Daerah (Perda).

"Tahun ini DPRD Tomohon akan membuat tiga Perda," kata Lantang kepada Tribun Manado.

Ketiga Perda inisiatif yang siap ditelurkan yakni Perda tentang Kelurahan, Perda Pemukiman Kumuh dan Perda Tata Cara Pembentukan Perda

"Ketiga perda ini merupakan inisitif DPRD Tomohon sudah masuk prolegda," ujarnya.

Untuk mewujudkannya terlebih dulu membuat rancangan Perda bekerjasama dengan Kementerian Hukum dan HAM. Sudah ada nota kesepahaman untuk itu.

Jika ditotal tahun ini ada 21 Rancangan Perda untuk dituntaskan bersama pihak eksekutif, diluar Perda wajib seperti Perda APBD.

Dari total 21 rancangan, 18 rancangan Perda merupakan usulan eksekutif dan 3 lainnya usulan legislatif.

Dari total 21 Rancangan, ada beberapa rancangan perda sudah diketuk di antaranya Perda nomor 7 tentang jasa umum, Perda nomor 8 tentang pajak daerah, dan Perda Tuntutan ganti rugi.

Saat ini pun DPRD tengah sibuk menggolkan Perda tentang sistem penerimaan pajak daerah secara online dan rancangan perda tentang ketertiban umum. (ryo)

Penulis: Ryo_Noor
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help