Robi: Pemda Boltim akan Menggunakan Honorer Lulusan S1

Pemerintah daerah (pemda) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) akan memanfaatkan tenaga honorer lulusan sarjana mulai Juli nanti.

Robi: Pemda Boltim akan Menggunakan Honorer Lulusan S1
NET
Ilustrasi

  

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN-Pemerintah daerah (pemda) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) akan memanfaatkan tenaga honorer lulusan sarjana mulai Juli nanti.

Kepala Badan kepegawaian pendidikan dan pelatihan, Boltim, Robi Mamonto mengatakan kementerian pemberdayaan aparatur negara menyarankan peningkatan kualitas tenaga honorer.

"Pemda akan menggunakan honorer lulusan S1 dan honorer yang berusia diatas 35 tahun. Pemda dituntut meningkatkan kompetensi, jadi kebijakan ini akan mulai diberlakukan Juli ini," jelasnya, pada Selasa (14/3).

Pemda akan mendorong tenaga honorer lulusan SMA untuk kuliah. Sehingga terjadi peningkatan sumber daya manusia di Boltim.

"Pemda akan bekerjasama dengan perguruan tinggi yang akan buka kampus disini. Biaya untuk gaji tak akan beda jauh dengan biaya studi," jelasnya.

Katanya jumlah honorer triwulan satu sebanyak 844 orang. Sebanyak 400-an tenaga honorer merupakan lulusan SMA. Pemda juga memiliki tenaga magang tanpa gaji sebanyak 500-an orang.

"Kami ingin agar lulusan SMA tak memikirkan untuk menjadi honorer. Namun, bisa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Sehingga IPM Boltim pun bisa meningkat. Bupati mau diberlakukan 1 April, tapi disarankan setelah ada APBD Perubahan," jelasnya.

Pemda pun akan menggelar tes bagi tenaga honorer untuk tenaga pengajar dan tenaga kesehatan.

"Kita sedang melakukan evaluasi kinerja dan kedisiplinan tenaga honorer. Mereka tak masuk kerja akan dicoret," jelasnya.

Katanya, kementerian dalam negeri telah melarang pengangkatan tenaga honorer. Sehingga pengangkatan tenaga honorer merupakan kebijakan Bupati Boltim. "Idealnya Boltim hanya butuh sekitar 500-an tenaga honorer," ucapnya. (Ald)

Penulis: Aldi_Ponge
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help