TribunManado/

Legitnya Bisnis Ekowisata di Minahasa Utara, Rumah Warga Disulap Jadi Home Stay Untuk Turis

Kata dia, ini sangat membantu perekonomian selama ini. Untuk biaya satu kali sewa semalam 150 per satu kamar.

Legitnya Bisnis Ekowisata di Minahasa Utara, Rumah Warga Disulap Jadi Home Stay Untuk Turis
Surga bawah laut Desa Bahoi Likupang Barat, Minahasa Utara 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Menjadi satu di antara daerah yang menjadi tujuan wisata di Sulawesi Utara (Sulut), membuat Kabupaten Minahasa (Minut) terus berbenah dan mengoptimalkan kawasan wisatanya.

Misalnya, dengan mendorong warga di desa Ekowisata membangun home stay yang bisa disewakan kepada wisatawan, yang berkunjung ke kawasan tersebut.

Beberapa desa yang masuk kawasan Ekowisata antara lain, Bahoi, Budo, Tiwoho, Wori, Tambun, Serawet, Tarabitan, Pulau Nain dan Pulau Mantehage.

Bahkan, kawasan Kecamatan Likupang dengan potensi pariwisatanya, sehingga akan dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

Rencananya KEK pariwisata di Likupang ini akan dikelola oleh swasta bukan pemerintah. Wilayah yang masuk KEK Pariwisata ini antara lain, Likupang Timur, Tanjung Pulisan, Kinunang dan Marinsow.

Sesuai usulan yang masuk ke Kementerian dan Dewan Nasional KEK swasta ini nantinya akan dikelola oleh Group Sintesa Peninsula.

Masuknya beberapa desa sebagai daerah Ekowisata dan KEK Pariwisata mendorong kemajuan ekonomi di pedesaan. Contoh, warga Desa Bahoi, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara, merasa terbantu ekonominya, karena rumah tinggal dijadikan home stay.

Pantauan Tribun Manado, Selasa (14/3), rumah permanen milik Oma Supice Dalero dengan cat dinding warna orange dipadu warna putih dengan atap seng sudah diminta oleh hukum tua untuk dijadikan home stay.

Dua kamar yang disewakan, dilengkapi lemari serta satu buah kipas angin dengan lantai dari semen.

Untuk tempat tidur berukuran panjang 2,10 meter lebar 1,5 meter. Sedangkan ruangan keseluruhan panjang 3 meter dan lebar 4 meter.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Fransiska_Noel
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help