Julin Sisir Penderita Tuberkulosis di Desa Terpencil

Dinas Kesehatan Bolaang Mongondow menyisir desa terpencil di Werdi Agung Timur, Dumoga Tengah.

Julin Sisir Penderita Tuberkulosis di Desa Terpencil
FINNEKE WOLOJAN

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Dinas Kesehatan Bolaang Mongondow menyisir desa terpencil di Werdi Agung Timur, Dumoga Tengah. Dalam program Ketuk Pintu, Dinkes menyisir warga yang dicurigai terserang penyakit Tuberkulosis.

"Warga yang menderita TB langsung mendapat rujukan untuk pemeriksaan lebih lanjut di puskesmas. Ini juga dalam rangka hari TB sedunia," ujar Kepala Dinas Julin Papuling, Selasa (14/3).

Kegiatan ini juga diintegrasikan dengan pelayanan kesehatan lainnya, seperti pemberian kelambu anti malaria kepada enam anak dan 13 ibu hamil.

Secara keseluruhan Dinkes Bolmong mendistribusi 200 kelambu ke desa sekitar. Selain itu, Dinkes melaksanakan posyandu lansia yang melayani 53 pasien.

"Melalui gerakan ini kami dapat mengetahui kondisi masyarakat setempat dengan berbagai masalah, keluhan, kekurangan, sarana prasarana maupun potensi dan kearifan lokal," tuturnya.

"Ini menjadi informasi penting dalam rancangan kegiatan saat ini maupun waktu ke depan yang sesuai harapan dan kebutuhan masyarakat," tambahnya.

Julin bersama Wiyono, Kasie P2M serta rombongan Puskesmas Werdi Agung menuju ke ujung desa tersebut menggunakan roda dua karena menyesuaikan kondisi jalan. Tak mudah untuk sampai ke desa ini karena medan yang berat. "Sekalian refreshing imbuhnya," ucapnya.

Warga desa yang berjumlah 904 jiwa ini berterima kasih atas kunjungan rombongan. Masyarakat meminta agar jangan bosan-bosan berkunjung ke desa mereka. Hal itu disampaikan Sangadi Werdi Agung Timur dan seorang purnawirawan TNI AD. (fin)

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help