Bupati Minsel Hadiri Rakor Penanganan Konflik Bersama Kemendagri di Jakarta

Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) penanganan konflik

Bupati Minsel Hadiri Rakor Penanganan Konflik Bersama Kemendagri di Jakarta
ist
Christiany Eugenia Paruntu, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) penanganan konflik yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) 

Laporan wartawan Tribun Manado Fionalois Watania

TRIBUNMANADO.CO.ID, AMURANG - Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) penanganan konflik yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama tim terpadu diantaranya, Polri, BIN, dan Kejaksaan dalam penangganan konflik sosial di Hotel Bidakara Jakarta.

Tetty sapaan familiar bupati mengatakan, dalam Rakornas tersebut Mendagri Cahyo Kumolo menekankan beberapa poin penting diantaranya pemerintah pusat bersama dengan pemerintah daerah menyusun rencana aksi penanganan konflik sosial. Salah satunya dengan terbentuknya tim terpadu.

"Inti dari Rakornas itu adalah guna menangani konflik sosial di daerah yang berlatarbelakang politik, ekonomi, sosial, budaya, serta sengketa batas wilayah dan sumber daya alam. ," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Manado, Rabu (15/3).

Dia menjelaskan, aksi dari tim terpadu ini sangat penting dalam menangani sebuah konflik di daerah. Dan guna mengoptimalkan peran dari tim terpadu ini Mendagri meminta agar melibatkan seluruh lapisan masyarakat seperti, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat.

"Mendagri menekankan, dalam menangani konflik sosial kepala daerah harus bergerak cepat serta setiap permasalahan yang terjadi di daerah dapat diselesaikan secara damai," jelasnya

Dia menambahkan,ini merupakan program strategis yang patut didukung oleh pemerintah daerah. "Untuk Kabupaten Minsel sudah ada langkah maju, karena sudah SK bupati untuk tim terpadu dan SK bupati revolusi mental," kuncinya. (tiw)

Penulis: Fionalois Watania
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help