TribunManado/

Bupati dan Wakil Bupati Minsel Ajak Ibu-Ibu Tanam Cabe

Kelompok Tani (Poktan) Buyungon, Kecamatan Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) sukses menanam cabe rawit dengan luas sekitar dua hektar.

Bupati dan Wakil Bupati Minsel Ajak Ibu-Ibu Tanam Cabe
FIONALOIS WATANIA

Laporan wartawan Tribun Manado Fionalois Watania

 

TRIBUNMANADO.CO.ID, AMURANG - Kelompok Tani (Poktan) Buyungon, Kecamatan Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) sukses menanam cabe rawit dengan luas sekitar dua hektar. 

Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu, Wabup Franky Donni Wongkar dan Sekretaris Daerah Danny Rindengan berkesempatan melakukan panen perdana, pada Selasa (14/3).

Tetty sapaan akrab bupati memberikan apresiasi kepada Poktan ini karena dinilai telah memberikan contoh yang baik bagi petani yang lain dalam penanaman cabe rawit.

"Cabe murupakan komiditas unggul yang bisa memberikan keuntungan bagi petani," katanya . Untuk itu dia mengungkapkan Pemerintah Daerah (Pemda) siap membantu para petani yang ingin melakukan budidaya tanaman cabe rawit. Bahkan dia mengajak para ibu rumah tangga juga ikut menanam cabe.

"Ibu-ibu rumah tangga se-Minsel juga bisa. Ini semangatnya ada tapi tidak punya lahan. Pemerintah siap membantu, yang punya lahan kita berikan fasilitasi dengan green house," terangnya.

Dia juga berharap bagi petani yang sudah melakukan budidaya cabe rawit agar mengelolahnya dengan baik agar bisa meingkatkan hasil panen.

"Apa yang menjadi kebutuhan masyarakat petani tentu kita akan menyediakan. Ini cita-cita kami Minsel harus berdikari cepat, harus menjadi yang terhebat dan terdepan," tandasnya.

Diwawancara terpisah, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak), Frans Tilaar mengatakan saat ini total perkebunan cabe yang tersebar di Minsel sebesar 120 hektar.

“Untuk perkebunan terluas berada di daerah Modoinding dan Buyungon.

Saya juga mengimbau agar kelompok tani dapat memperhatikan jadwal tanam. Karena jika menumpuk pasti akan terjadi penurunan harga,” terangnya.

Dia menambahkan bantuan bibit cabe akan diupayakan tidak hanya untuk kelompok tani tapi juga bagi warga yang membutuhkan dan memiliki lahan. “Minimal satu rumah sepuluh pohon. Karena satu pohon dapat menghasilkan dua liter. Ini tentu dapat membantu warga untuk mencukupi kebutuhan cabe sehari-hari,” kuncinya. (tiw)

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help