TribunManado/

200 Pemukiman Warga Desa Kapoya Satu Terendam Banjir

Selain Desa Kapoya, Desa Kapoya I, Kecamatan Sulta, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) yang terletak saling berdekatan juga mengalami longsor dan ban

200 Pemukiman Warga Desa Kapoya Satu Terendam Banjir
tribun manado
Warga Kapoya, Sulta, Minsel gotong royong angkat longsoran tanah dari satu rumah, Selasa (14/3). 

Laporan wartawan Tribun Manado Fionalois Watania

 

TRIBUNMANADO.CO.ID, AMURANG – Selain Desa Kapoya, Desa Kapoya I, Kecamatan Sulta, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) yang terletak saling berdekatan juga mengalami longsor dan banjir. Namun  paling parah dalam hal banjir. Hal ini dikarenakan kebanyakan warga yang tinggal disepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) terutama untuk Jaga Desa I, II, dan III.

Hujan lebat yang menguyur wilayah ini selama tiga jam mulai, Senin malam pukul 23.00 WITA sampai Selasa pukul 2.00 WITA dinihari mengakibatkan air Sungai Kapoya meluap.

Kumtua Kapoya Satu Nickson Runtuwarow, mengungkapkan, bencana yang terjadi ini menyebabkan kurang lebih 200 rumah warga di wilayahnya terendam banjir setinggi 1 meter dan 10 rumah warga terkena longsor, 4 diantaranya mengalami rusak berat.

"Disini ada tiga jaga yang terkena banjir. Tadi sudah ada dari Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerh (BPBD) yang datang mengambil data. Kita tentu berharap dinas terkait tidak hanya mengambil data tapi juga memberikan bantuan ," ujar Runtuwarow.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut, namun longsor menyebabkan tertutupnya akses jalan Kapoya Pinamorongan dan Kapoya Pinapalangkow.

Atas swadaya masyarakat material longsor yang menutupi jalan bisa disingkirkan meskipun hanya bisa dilalui satu kendaraan. Dia berharap pemerintah daerah lewat dinas terkait dapat membersihkan sisa material longsor.

“Paling tidak ada alat berat yang didatangkan ke sini agar proses pembersihan material longsor bisa cepat,” kuncinya. (tiw)

Penulis: Fionalois Watania
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help