TribunManado/

Inspektorat Bolmong Menunggu Laporan ADD

Inspektorat Bolaang Mongondow menyebut banyak desa yang pengerjaan proyek Anggaran Dana Desa tahun 2016 tak sesuai ketentuan.

Inspektorat Bolmong Menunggu Laporan ADD
Ilustrasi Dana Desa 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Inspektorat Bolaang Mongondow menyebut banyak desa yang pengerjaan proyek Anggaran Dana Desa tahun 2016 tak sesuai ketentuan. Inspektorat pun memberi waktu bagi desa untuk memperbaikinya.

"Ada pengerjaan yang tak sesuai volume, ada yang terlambat dan beberapa masalah lain. Namun kami langsung memperbaiki itu, memberi mereka waktu," ujar Kepala Inspektorat Bolmong, Abdul Latif, Senin (13/3).

Hingga saat ini masih ada desa yang belum memasukkan laporan pertanggung jawaban ADD tahun 2016. Inspektorat pun masih menunggu desa yang belum memasukkan.

"Ada yang sudah masuk, ada yang belum. Saat ini masih sementara pemasukkan laporan. Kami menunggu semua desa agar merampungkan laporan tersebut," ujarnya.

Latif menyebut, Inspektorat hanya sebatas pengawasan. Namun teknis ada di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bolmong. Apalagi terkait peningkatakan kapasitas pengelola ADD.

Terpisah, Kepala Dinas PMD Bolmong, Albert Tangkere mengatakan sudah seharusnya para sangadi dang pengelola ADD menguasai pembuatan laporan pertanggung jawaban.

"Sudah harus tahu, sudah dua tahun belakangan. Harus tahu mana proyek yang harus dilakukan, bagaimana menyusun laporan pertanggung jawaban," ujarnya.

Dinas PMD pun, katanya, rutin menggelar pelatihan bagi para pengelola ADD. Meski kendala masih banyak ditemui di lapangan. "Itu harus. Kalau tidak, itu seperti menyuruh mereka masuk jurang. Makanya harus dilatih dulu," ucapnya.

Saat ini Dinas PMD Bolmong belum menyalurkan Anggaran Dana Desa tahap I tahun 2017 ini. Saat ini masuk ke tahap sosialisasi peraturan bupati terkait ADD.

Halaman
12
Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help