TribunManado/

Persoalan Ganti Rugi Lahan Berlarut-Larut, DPRD Bolmong Gelar Hearing dengan Warga Inobonto

Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bolaang Mongondow menggelar dengar pendapat terkait permasalahan ganti rugi lahan yang berlarut-larut

 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bolaang Mongondow menggelar dengar pendapat terkait permasalahan ganti rugi lahan yang berlarut-larut, Senin (13/3) di kantor DPRD. Persoalan ini melibatkan warga Kelurahan Inobonto dan PT Sulenco.

Royke Wayong salah seorang pemilik lahan mengatakan PT Conch selaku pengguna lahan dari PT Sulenco sudah melakukan penggarapan lahan, namun sampai saat ini belum lakukan pembayaran.

"Disinyalir ada masuk angin antara Pemkab Bolmong dan PT Sulenco. Sebab permasalahan yang kami alami ini sudah sangat lama. Bahkan lahan kami sekarang sudah digarap oleh PT Conch," ujarnya.

Masih ada enam pemilik lahan yang surat-suratnya lengkap tapi belum dibayarkan. "Itu sudah masuk penyerobotan. Jangan sampai kami warga pemilik lahan bersikap anarkis jika tidak ada titik temu," ucapnya.

Staf Lapangan PT Sulenco, Hong Hendra Angliadi mengatakan pembayaran harus mengacu dari data pemerintah yang masuk ke perusahaan.

"Apa yang menjadi tuntutan pemilik lahan yang belum terbayarkan akan kami usahakan untuk penyelesaian. Tapi itu akan kami lihat kembali apa pemilik lahan tersebut ahli waris atau pemilik sah, dari bukti sertifikat yang sudah dimilikinya," tuturnya.

Ketua Komisi I, Yusra Alhabsy mengatakan pihaknya akan membentuk tim yang melibatkan Pemkab Bolmong, DPRD Bolmong dan Badan Pertanahan Nasional.

"Kami akan rapat kembali untuk membentuk tim ini. Supaya permasalahan yang sudah berlangsung dari tahun 1992 ini diselesaikan. Ini sudah berlarut-larut," ucapnya.

Yusra menyinggung Pemkab Bolmong yang terkesan cuek. "Nanti kalau warga yang merasa tanahnya telah digunakan perusahaan bertindak melanggar hukum, baru pemerintah daerah bertindak," ucapnya ketus. (fin)

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help