TribunManado/

Tradisi 'Hela Soma' di Bolmong Terus Terjaga, Yang Ikut Bantu Dapat Persenan Ikan

Masyarakat pesisir Bolaang Mongondow masih rutin melakukan tradisi soma, yakni menjaring ikan ramai-ramai.

Tradisi 'Hela Soma' di Bolmong Terus Terjaga, Yang Ikut Bantu Dapat Persenan Ikan
TRIBUNMANADO/FINNEKE WOLAJAN
tradisi hela soma nelayan 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Masyarakat pesisir Bolaang Mongondow masih rutin melakukan tradisi 'hela soma', yakni menjaring ikan ramai-ramai.

Warga gotong rotong menarik jaring yang dipasang tak jauh dari bibir pantai. Warga yang membantu menarik lalu mendapat ikan hasil tangkapan.

Pantauan Tribun, Jumat (10/3) sore, belasan warga gotong royong menarik jaring di Pantai Molosing yang berlokasi di Desa Motabang, Kecamatan Lolak.

Jaring berukurang raksasa. Ada sekitar 20 menit lamanya warga menarik jaring ini, baru akhirnya jaring tertarik semua. Bapak-bapak, ibu-ibu serta anak-anak tak mau ketinggalan.

Usai jaring tertarik semua, tampak ikan-ikan melompat-lompat di atas jaring. Warga yang menarik pun langsung berebutan ikan. Cepat-cepate menaruhnya di plastik.

"Tunggu dulu, jangan ambil semua," ujar salah seorang bapak. "Nanti kami tak kebagian," ujarnya lagi. Ternyata jaring ini milik seseorang, warga yang menarik hanya sukarela.

Mereka mendapat upah ikan karena sudah membantu menarik. Belasa warga itu pulang dengan membawa ikan. Tak banyak, hanya cukup untum dimasak sekali.

"Jadi ada pemilik perahu dan jaring, kami membantu tarik. Lalu kami dapat ikan," unar Tolong Deli (60) warga Tombolango, salah seorang dari mereka.

Tangkapan sore itu tak banyak. Kata Tolong, biasanya lebih banyak dari itu. Hanya ada ikan-ikan kecil dan sedang. "Biasanya lebih banyak, tapi karena ombak kencang jadi ini sedikit," ucapnya.

Tradisi soma ini sering dilakukan warga. Entab pagi, siang atau malam. Jaring lepas di laut, menunggu dua hingga tiga jam, lalu menariknya.

"Jaringnya tak lama taruh di laut. Selesai tarik, lepas lagi. Tergantung pemilik perahu, mau berapa kali menjaring," ujarnya.

Usai warga bubar dengan membawa ikan, beberapa warga lainnya tampak membereskan jaring tersebut. Jaring berukuran besar.

Mereka menyiapkan perahu, mengangkut jaring itu ke perahu. "Mau lepas jaring di laut lagi," ujar salah seorang dari mereka. Dengan perahu katinting, mereka pun berlalu mengarah ke tengah laut untuk melepas kembali jaring. (fin)

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help