TribunManado/

Enam Sekolah di Boltim Dapat Bantuan Kemendikbud

-Enam sekolah di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mendapat bantuan pembangunan sarana prasarana oleh kementerian pendidikan

Enam Sekolah di Boltim Dapat Bantuan Kemendikbud
NET
bupati dan wakil bupati Boltim

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN-Enam sekolah di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mendapat bantuan pembangunan sarana prasarana oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) .

Bupati Boltim Sehan Landjar mengungkapkan bantuan tersebut melalui dana tugas pembantuan. "Ada enam sekolah yang sudah disurvei minggu lalu," ucapnya, pada Minggu (12/3).

Tak hanya itu pemda pun mendapat bantuan pemerintah pusat untuk pembangunan tiga kantor satuan kerja, dua kantor kecamatan dan rumah dinas camat. "Total dana tambahan hampir Rp 20 miliar," ucapnya.

Dia pun berharap kualitas dunia pendidikan semakin meningkat. Dinas pendidikan diminta tak hanya fokus melakukan pembangunan fisik sekolah.

"Saya sulit mengukur IPM secara ril, karena tak mendapat laporan dari dinas tentang lamanya sekolah. Harusnya dinas terkait jangan selalu hanya berpikir membuat bangunan yang akhirnya tak bermanfaat," terangnya.

Dia mengakui banyak kepala satuan kerja yang tak memiliki kemampuan mengejawantahkan visi misinya.

"Saya sebagai pimpinan selalu menilai mereka. Saya butuh apa yang direncanakan dan capaian kinerjanya. Bukan selalu tak ditempat, hanya menghabiskan anggaran," tegasnya.

Dia pun menyoroti tak difungsikannya sejumlah bangunan paud dan taman bacaan yang dibangun 2013.

"Triwulan pertama, saya evaluasi kinerja satuan kerja. Tak memuaskan, diganti," tegasnya.

Kepala Dinas Pendidikan, Yusri Damapolii mengungkapkan enam sekolah tersebut akan mendapatkan ruang kelas baru, rehabilitasi gedung, dan fasilitas lainnya. Bantuan tersebut akan dikucurkan bulan depan.

"Saya belum tahu anggarannya, tapi miliaran rupiah. Pastinya yang akan dapat itu SMP Daerah Kotabunan, SMPN 1 Tutuyan, SMPN 2 Nuangan, SMP Satap Atoga dan SMP Satap Kokapoi," bebernya.

Dia tak menampik anggaran pendidikan Boltim tak mencapai 20 persen. Pemda Boltim pun menganggarkan pembangunan sarana prasarana yang berasal dari dana alokasi umum senilai Rp 12 miliar.

"Ada juga dana insentif daerah untuk pembangunan taman bacaan ibu dan anak senilai Rp 7 miliar dan Dana alokasi khusus senilai Rp 4,8 miliar," ungkapnya.

Anggaran tersebut untuk pembangunan ruang kelas, perpustakaan, laboratorium dan fasilitas di SD dan SMP se Boltim. (ald).

Penulis: Aldi_Ponge
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help