TribunManado/

Waw! Hutan di Kota Sejuk Tomohon Ini Dipercantik Jadi Lokasi Wisata, tak Kalah dari Bandung Lho

Dari data yang dipaparkan pengelola Tahura, setahun perputaran uang di kompleks ini mencapai Rp 14 miliar.

Waw! Hutan di Kota Sejuk Tomohon Ini Dipercantik Jadi Lokasi Wisata, tak Kalah dari Bandung Lho
TRIBUNMANADO/FRANSISKA NOEL
Pengunjung menikmati pesona Gunung 'Mengapung' dari puncak kawah Gunung Mahawu Rurukan Tomohon, Sulawesi Utara. Puncak Gunung Klabat di Minahasa Utara terlihat seolah mengapung di atas awan. (TRIBUNMANADO/FRANSISKA NOEL) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON - Pemerintah Kota Tomohon berencana menata Taman hutan raya (Tahura) seperti di Bandung Jawa Barat.

Mencoba mewujudkan rencana itu, Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman dan Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan mengadakan kunjungan ke Tahura Ir H Juanda, Bandung Provinsi Jawa Barat, Kamis (9/3).

Usai kunjungan Pemkot ingin menata Tahura di Hutan Kawasan Gunung Mhawu.

Eman dan rombongan belajar tentang Tahura sekaligus menikmati kunjungan tersebut, mereka ditemani Kepala Balai Pengelola Tahura, Ir Lianda Lubis

Banyak informasi yang diperoleh dari Tahura Bandung ini. Eman mengatakan, sebelum mewujudkannya perlu mengetahui regulasinya.

"Keberadaan Tahura di Kota Bandung telah memberikan multiplayer effect bagi perekonomian masyarakat sekitar," kata Eman.

Jika dibangun di Tomohon, efek serupa bisa juga dirasakan warga.

Dari data yang dipaparkan pengelola Tahura, setahun perputaran uang di kompleks ini mencapai Rp 14 miliar.

Setengah dari jumlah itu atau Rp 7 Miliar merupakan pendapatan dari karcis masuk.

Eman berharap apa yang telah dicapai Kota Bandung dalam pengelolaan Tahura bisa juga dicapai Kota Tomohon ke depan ketika telah memiliki Tahura sendiri.

"Harapan kami Tahura Kota Tomohon akan menjadi lokasi konservasi hutan dan destinasi wisata alam," kata Eman didampingi Kabag Humas Christo Kalumata.

Wali Kota mengatakan, Tahura yang akan diwujudkan ini harus memiliki keunikan Tomohon, apalagi wilayah hutan Tomohon relatif masih luas. Anggaran sudah disiapkan dengan terlebih dulu menyusun konsep lebih detail Tahura Tomohon.

Syerly Adelyn Sompotan kemudian meminta kepada perangkat daerah yang ikut dalam kunjungan kerja segera menindaklanjuti konsep tahura,

"Kami punya kerinduan untuk memiliki Tahura secepatnya terealisasi, karena ini semua dilakukan semata-mata adalah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui penyediaan fasilitas-fasilitas umum," kata Wakil Wali Kota. (ryo)

Penulis: Ryo_Noor
Editor: Fransiska_Noel
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help