TribunManado/

Disdukpencapil Bolmong Belum Miliki Ruang Pelayanan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bolaang Mongondow selalu dipenuhi warga yang mengurus administrasi kependudukan.

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bolaang Mongondow selalu dipenuhi warga yang mengurus administrasi kependudukan. Namun hingga kini, kantor ini belum representatif untuk pelayanan.

Pantauan Tribun, ada yang menunggu di luar, karena tak ada tempat untuk menunggu di dalam kantor. Warga menunggu di bawah pohon, samping kantor Disdukpencapil.

Sementara di dalam kantor sesak. Ada jejeran kursi di lorong, di situ warga duduk. Berhimpitan, hanya menyisakan jalan untuk lalu lalang warga maupun pegawai.

Zainudin, salah seorang warga mengaku menunggu di bawah pohon. Sebab tak ada tempat duduk di dalam kantor. "Saya datang membuat kartu keluarga. Sudah penuh, jadi saya menunggu di luar," ujarnya.

Ia menyarankan agar Disdukpencapil membuat tempat pelayanan yang memadai. Agar dia dan warga lainnya nyaman menunggu pelayanan di sini.

"Jujur saja tak nyaman, karena tak ada ruangan tunggu. Itu kan bercampur dengan ruang kerja pegawai. Agar tak ada lagi yang menunggu di bawah pohon," harapnya.

Senada dikatakan Helmida, warga lainnya. Ia berharap kantor ini membangun ruangan pelayanan yang lebih baik. "Kan Capil kantor yang sering ramai oleh warga. Sudah seharusnya ada ruang pelayanan yang nyaman," harapnya.

Kepala Dinas Dukpencapil, Iswan Gonibala mengakui pihaknya belum memiliki ruang tunggu yang representatif bagi warga. "Kalau kantor biasa, gedung ini sebenarnya cukup. Tapi kalau pelayanan pada warga memang tak memadai," ujarnya Kamis (9/3).

Disdulpencapil sebenarnya sudah ada gedung yang akan diperuntukkan untuk pelayanan. Namun karena keterbatasan dana, pembangunan lanjutan gedung ini masih terhenti.

"Masih menunggu, karena dana belum turun. Ada gedung di sebelah kantor ini. Kami merancangnya sederhana. Itu jadi ruang khusus untuk masyarakat. Semua pelayanan dokumen di situ," ujarnya.

Selain ruang pelayanan, Iswan juga akan mengatur tempat parkir. Sebab kendaraan di sekitar kantor ini semrawut dan mengganggu lalu lintas. Warga memarkir di sembarang tempat.

"Kami atur juga keindahan tempat. Parkiran di sekitar sini semrawut memang. Mengganggu lalu lintas, apalagi ini akses ke kantor bupati. Kami sudah ajukan dana, tapi tetap ada prioritas," ujarnya.

Dalam waktu dekat ini, Disdukpencapil segera miliki genset. Pelayanan takkan akan terkendala listrik lagi. "Satu atau dua minggu ini, akan miliki genset. Karena kalau listrik padam, semua pelayanan terhenti. Ke depan mudah-mudahan tak lagi," harap Iswan. (fin)

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help