TribunManado/

Buwono Jelaskan Peran BI ke Mahasiswa Unima

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unima belajar soal peran dan tugas Bank Indonesia dalam menjaga perekonomian.

Buwono Jelaskan Peran BI ke Mahasiswa Unima
Tribun Manado
Bahagia nampak di wajah 731 mahasiswa Universitas Negeri Manado (Unima) disahkan menjadi sarjana dalam sidang senat pengukuhan wisuda di Aula Unima, Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara, Rabu (19/10/2016). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Manado (Unima) belajar soal peran dan tugas Bank Indonesia dalam menjaga perekonomian di ruang senat Unima, Rabu (8/3).
Pengajaran seperti itu dilakukan dalam bentuk seminar. Hadir Asisten II Pemkab Minahasa Wilford Siagian, Kadis Pangan Minahasa, Dekan Fekon Dr Fentje Senduk, dan para dosen.

Deputi Ketua Perwakilan BI Sulut Buwono Budi Santoso, mengatakan, beberapa hal yang disampaikan di antaranya soal BI dan tugasnya sebagai pengendalian inflasi dan pembayaran.
Termasuk bagaimana mengganti mata uang yang sudah rusak, melakukan pengendalian inflasi, juga kebijakan suku bunga.

"Mahasiswa ekonomi harus tahu apa itu bank sentral, sebab mereka penggerak, jangan cuma tahu teori. BI sebagai bank pengampuh, mereka juga harus tahu bagaimana cara BI beroperasi, juga bagaimana BI membentuk suku bunga," ujar dia.

Ia yakin mahasiswa ekonomi mampu menghasilkan pertumbuhan ekonomi baik, mereka bagian dari SDM perlu ditingkatkan.
"Mereka nanti bisa menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi," jelasnya.
Deputi juga mengaku bangga dengan mahasiswa Unima. "Antusias mereka sangat bagus, tadi penuh dan kami bangga Unima, maka kami khususkan buat BI Corner di sini," ujar dia.

Usai materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. "Kami bisa mengetahui apa itu BI dan fungsinya, sebagai pengendali inflasi dan pembayaran," ujar Marsela Sariowan, mahasiswa Fekon.
Ia mengaku bahwa hal tersebut penting untuk diketahui. "Setidaknya kami bisa mengerti bagaimana soal ekonomi di Indonesia," ujar dia.

Pada kesempatan tersebut beberapa poin yang menjadi komitmen bersama yaitu mahasiswa berprestasi bisa berpeluang menjadi pegawai BI, selain itu BI dijadikan dosen spesial yang setiap awal bulan mengajar.
Selain itu, BI juga membentuk BI Corner di gedung Fakultas Ekonomi dan program beasiswa. *

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help