TribunManado/

Marsaole: Tak Ada Komitmen Biaya Pembuatan Perda

DPRD Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menandatangani nota kesepakatan dengan Kementerian hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menandatangani nota kesepakatan dengan Kementerian hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Ketua DPRD Boltim, Marsaole Mamonto mengungkapkan penandatangan nota kesepahaman terkait penyusunan peraturan daerah tersebut dihadiri oleh Ditjen perundang-undangan Kemenkumham RI.

"Boltim, Bolmong dan Kotamobagu daerah pertama yang melakukan penandatangan MoU dengan Kanwil Kemenkumham Sulut," bebernya, pada Rabu (8/3).

Kemenkumham akan bekerjasama dengan Badan pembuat peraturan daerah DPRD Boltim dalam menyusun setiap ranmperda.

"Tak hanya untuk konsultasi, mereka siap turun untuk menyusun Ranperda dan mensosialisasikan ke masyarakat," katanya.

DPRD Boltim tak akan lagi menggunakan jasa akademisi untuk menyusun naskah akademik suatu Ramperda. "Naskah akademik, tak kuat payung hukumnya. Kita langsung ke Kemenkumham," jelasnya.

Dia pun yakin kerjasama tersebut akan mengurangi biaya pembuatan Ranperda. "Tak ada komitmen biaya pembuatan ranperda oleh kemenkumham," tegasnya.

DPRD Boltim akan mulai membahas 11 ranperda yang masuk program pembentukan perda 2017.

"Agenda DPRD Boltim bulan ini akan mulai membahas enam ranperda usulan eksekutif dan lima ranperda inisitif DPRD," bebernya.

Ranpeda inisitif DPRD yang masuk dalam prolegda 2017 yakni Ranperda tentang sampah, Ranperda tentang hari jadi Boltim, Ranperda tentang penyelenggaraan kesehatan, Ranperda tentang penyelenggaran pendidikan, ranperda tentang lembaga adat.

Ranpeda usulan eksekutif yakni Ranperda tentang perubahan perda nomor 8 tahun 2016 tentang RPJMD, Renperda tentang perubahan perda nomor 10 tahun 2013 tentang RTRW, Ranperda tengtang RDTR Kawasan Tutuyan, Ranperda tentang RDTR kawasan Modayag, Ranperda tentang pengentasan kemiskinan, dan ranperda tentang perubahan perda nomor 10 tahun 2016 tentang perangkat daerah. (Ald).

Penulis: Aldi_Ponge
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help