Jatah Beras Keluarga Pra Sejahtera Tomohon 'Dipangkas'

Jatah beras untuk keluarga pra sejahtera atau dulunya dikenali dengan Raskin untuk Kota Tomohon dipangkas.

Jatah Beras Keluarga Pra Sejahtera Tomohon 'Dipangkas'
NET
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Ryo Noor

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON -

Jatah beras untuk keluarga pra sejahtera atau dulunya dikenali dengan Raskin untuk Kota Tomohon dipangkas.

Tahun lalu, ada 5445 Rumah Tangga Sasaran (RTS) penerima manfaat program Raskin. Tahun 2017 ini, Kota Tomohon mendapat jatah 4901 RTS atau berkurang sebanyak 544 RTS

"Alokasi subsidi Beras Sejahtera yang dulunya disebut Raskin untuk tahun 2017 di kota Tomohon berkurang sekira 10 persen dari tahun sebelumnya," kata Kabag Perekonomian, Harny Korompis di Kantor Wali Kota, Selasa (8/3).

Tiap bulan, Pemkot akan menerima total 73,515 Kilogram beras, untuk 4.901 RTS, dan semantara pagu pertahun sebanyak 882,180 kilogram

Nantinya, masing-masing keluarga penerima manfaat ini akan meneriman sebanyak 15 kilogram per bulan.

Namun beras ini tak gratis, melainkan disubsidi pemerintah, Warga yang terdaftar bisa menebus beras tersebut seharga Rp 1,600 per kilogram di titik distribusi masing-masing kelurahan.

Korompis mengungkapkan, pengurangan jatah beras ini dietapkan sesuai Surat Surat Menteri Sosial Nomor 07/MS/B/02/2017 tanggal 7 Februari 2017 tentang data Keluarga penerima manfaat tahun 2017 yang mempertimbangkan jumlah keluarga penerima manfaat Rastra tahun 2016.

Pengurangan ini juga dipengaruhi oleh presentase kemiskinan kabupaten/kota tahun 2015 yang bersumber dari data Badan Pusat Statistik. Tomohon pun ditetapkan jatahnya berkurang.

“SK penetapan pagu rastra telah ditandatangani pak Gubernur, saat ini tinggal menunggu pedoman umum pelaksanaan distribusi, dan lampiran data nama dan alamat penerima subsidi rastra dari kementerian sosial kepada tim koordinasi Provinsi dan kabupaten-kota," kata Korompis.

Tahun 2016 silam, Penerima beras subsidi ini tak menunggak utang.

Kota Tomohon lunas 100 persen. Alih-alih menunggak utang malah ada Kelurahan kelebihan bayar yakni Kelurahan Kamasi I, Woloan I Utara, dan Woloan III.

Penulis: Ryo_Noor
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help