Humber Kanada Jalin Kerjasama Dengan Unima

Rektor Universitas Negeri Manado (Unima) Prof Julyeta Runtuwene tandatangani MoU dengan Humber Institute of Technology and Advanced Learning Canada

Humber Kanada Jalin Kerjasama Dengan Unima
unima.ac.id
Logo Unima.

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO- Rektor Universitas Negeri Manado (Unima) Prof Julyeta Runtuwene tandatangani MoU dengan Humber Institute of Technology and Advanced Learning Canada, Senin (6/3).

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan di sela kunjungan kerja ke Toronto Canada memenuhi undangan Humber Institute Canada.

Menurut James Cullin Koordinator International Program, Vice Dean Humber Business School yang juga menjadi penanggungjawab SEDS Project, Humber sebagai institusi pendidikan ternama di Canada sangat selektif dalam melakukan kerjasama akademik, dan perluasan kerja sama ini ditawarkan oleh pihak Humber karena Unima dinilai sukses dalam menangani kerjasama Program Kewirausahaan Mahasiswa yang saat in

i sedang berlangsung lewat Sulawesi Economic Development Strategy Project (SEDS Project).
Hal ini terlihat dari beberapa indikator, semisal Unima telah memiliki mata kuliah kewirausahaan terapan di hampir semua program studi, dan mata kuliah tersebut telah diambil oleh lebih dari 800 mahasiwa dalam dua tahun terakhir.

Selain itu, Unima juga dinilai telah berhasil membangun Unima Humber Entrepreneurship Centre (UHEC), pusat kewirausahaan mahasiswa yang fungsi utamanya membantu mahasiswa yang ingin berwirausaha.
“Paling penting adalah entrepreneurship spirit tumbuh dengan sangat baik di Unima, hal ini tidak mungkin terjadi tanpa dukungan penuh rektor top manajemen Unima,” ujar Cullin.

Oleh karena itu, Humber secara khusus menawarkan dan mengundang Rektor Unima ke Kanada untuk memperluas kerja sama di bidang student exchange program, summer school and the development of international mobility programs, faculty exchange programs, faculty joint research programs, course level collaborations.

Menurut Rebbeca Fitzgerald, International Mobility Manager, dengan ditandatanganinya kerja sama ini, Unima akan dimasukkan sebagai satu di antara tujuan magang dan pertukaran mahasiswa, sehingga setiap tahun Humber akan mengirimkan mahasiswa selama beberapa bulan ke Unima.

Sementara itu Andrew Ness Dean of International menawarkan pertukaran mengajar dan penelitian bersama antar dosen Unima dan Humber. Humber juga menawarkan 2 + double degree program, atau mahasiswa Unima setelah kuliah 2 tahun di Unima dapat melanjutkan studi selama 2 tahun di Humber, dan setelah lulus mendapatkan dua gelar dari Unima dan Humber, atau program 3+1 certificate program, mahasiswa tahun ke 4 dapat mengambil program 1 tahun di Humber.

Semua mahasiswa yang masuk dalam program tersebut akan mendapatkan izin bekerja di Kanada minimal selama 1 tahun, sehingga lulusan program ini dijamin akan memiliki kompetensi yang setara dengan standar kerja di Kanada.

Rekto Unima Prof Julyeta Runtuwene menyampaikan terima kasih kepada pihak Humber yang telah dan terus memberikan kepercayaan kepada Unima.

“Hal ini membuktikan bahwa Unima diperhitungkan di level internasional," jelas dia.

Ia bertekad untuk merealisakan semua kesepakatan kerjasama yang ada dan memberikan peluang kepada semua dosen dan mahasiswa Unima untuk mendapatkan atau memperluas jaringan internasional melalui kerja sama ini.

"Sehingga nantinya dapat mewujudkan visi Unima untuk menjadi universitas yang unggul, berkarakter, inovatif, dankompetitif,” jelas dia. (amg)

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help