TribunManado/

Buang Sampah Sembarangan, JN Didenda Rp 500 Ribu

Peringatan bagi warga supaya jangan membuang sampah sembarangan. Selain mencemari lingkungan.

Buang Sampah Sembarangan, JN Didenda Rp 500 Ribu
TRIBUNMANADO/FERDINAND RANTI
camat angkat sampah 

TRIBUNMANADO.CO.ID, AIRMADIDI - Peringatan bagi warga supaya jangan membuang sampah sembarangan. Selain mencemari lingkungan, tindakan itu akan kena sanksi denda.
Kepergok membuang sampah di tepi jalan raya Desa Kolongan Tetempangan, Kecamatan Kalawat, Minahasa Utara, warga didenda Rp 500 ribu.

Kejadian Senin (6/3) puul 01.00 Wita, melibatkan DP (68) asal Desa Matungkas, Kecamatan Dimembe, Minut.
Upaya penertiban oknum warga yang membuang sampah sembarangan ini dilakukan menjelang penilaian piala Adipura tahap kedua dibulan Maret tahun 2017.

Desa Kolongan Tetempangan yang merupakan lokasi khusus penilaian. Senin dini hari, didapati satu unit mobil pickup dengan nomor polisi DB 8706 FA yang dikendarai DP (68) bersama dua kernet, MK(33) dan RR (19) warga Ternate membuang sampah di tepi jalan.
Mereka kepergok oleh petugas ronda malam dan Linmas diduga sedang membuang sampah di wilayah Jaga X yang merupakan tanah milik Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Saat diinterogasi, DP berkelit sedang memeriksa ban mobil kiri depan yang katanya kempis. Sementara posisinya ada di belakang mobil dan sudah ada sampah yang dibuang.
"Mereka sudah membuang sampah, mobil saat itu dalam posisi parkir dan diarahkan ke Manado," ujar Kepala Jaga X Aldrin.

Melihat hal tersebut, oleh petugas ketiganya bersama mobil bermuatan sampah digiring ke kantor desa.
Mereka mengaku sampah diangkut dan dibawa dari Manado. Hal ini dilakukan atas perintah dari majikan mereka JN warga Manado asal Desa Matungkas.

JN saat dihubungi mengaku tidak memerintahkan karyawannya membuang sampah di Desa Kolongan tapi di kawasan Ringroad. "Saya atas nama karyawan dan pribadi menyatakan maaf atas tindakan membuang sampah ini," kata JN di kantor Desa Kolongan Tetempangan yang sebelumnya sempat mengajukan protes.
Tindakan tidak terpuji dari ketiga orang ini berakibat dikenakan denda Rp 500 ribu berdasarkan Peraturan Desa Kolongan Tetempangan nomor 3 tahun 2017.

"Setelah diuji coba pada tahun 2016 lalu, Perdes sampah ini kemudian kami berlakukan, agar wilayah kami dapat dilindungi dari para pembuang sampah sembarangan," kata Hukum Tua Desa Koltem, Demas Kasegel.
Penyerahan denda oleh JN ini disaksikan oleh dua anggota Babinkamtibmas dari Polsek Airmadidi dan petugas Babinsa Koramil 1310-06 Airmadidi Serka Sonny Wehantouw. *

STORY HIGHLIGHTS
* Buang sampah pada Senin (6/3) pukul 01.00 Wita, melibatkan DP (68) asal Desa Matungkas, Kecamatan Dimembe
* Pelanggar Perda kepergok oleh petugas ronda malam dan Linmas sedang membuang sampah di wilayah Jaga X
* Penyerahan denda oleh JN disaksikan dua Babinkamtibmas dari Polsek Airmadidi dan Babinsa Koramil Airmadidi Serka Sonny Wehantouw

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help