Tribun Manado Travel

Sparta Stable Tomohon, Lokasi Hangout Kekinian Kawula Muda

Lokasi yang terletak di perbukitan Rurukan dianugerahi panorama alam dan udara sejuk, seperti ciri khas pemandangan Rurukan.

Sparta Stable Tomohon, Lokasi Hangout Kekinian Kawula Muda
TRIBUNMANADO/RYO NOOR
Sparta Stable Tomohon 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON -  SPARTA Stable lagi hits di kalangan kawula muda. Terletak di Kelurahan Rurukan, Kecamatan Tomohon Timur, Kota Tomohon, tempat itu kini bertransformasi menjadi lokasi hangout (nongkrong) kekinian.

Sabtu (18/2) sore, Tribun Manado berkesempatan mengunjungi lokasi itu. Siapa sangka, lokasi yang digandrungi kawula muda ini adalah kandang kuda. Tak heran, namanya Sparta Stable.

Namun Sparta Stable tak sembarang kandang kuda. Lokasi yang terletak di perbukitan Rurukan dianugerahi panorama alam dan udara sejuk, seperti ciri khas pemandangan Rurukan yakni lokasi perbukitan yang ditumbuni sayur mayur.

Sparta Stable Tomohon
Sparta Stable Tomohon (TRIBUNMANADO/RYO NOOR)

Panorama alam begitu memanjakan mata. Di ufuk timur ada Kota Bitung bersama pemandangan teluknya hingga Gunung Duasudara. Dari bukit Sparta Stable pengunjung bisa menanti matahari terbit.

Di bagian selatan, pecinta travelling bisa memandangi hamparan pemandangan Kota Tondano dengan danaunya yang tenar. Di bagian lainnya, dikelilingi pemandangan lahan perkebunan hortikultura.

Sayang, sore itu cuaca berkabut, usai Kota Tomohon diguyur hujan deras. Namun, samar‑samar panorama alam masih bisa dinikmati dalam selimut kabut tipis.

Sparta Stable Tomohon
Sparta Stable Tomohon (TRIBUNMANADO/RYO NOOR)

Ingrid Pandeirot, pengelola Sparta Stable, mengungkapkan, sebenarnya tanah di atas bukit ini merupakan properti pribadi milik pamannya, Adolf Ratulangi.

Lokasi ini dimanfaatkan untuk perkebunan sayur. Ia dan ayahnya, kebetulan hobi memelihara kuda pacu. Kuda dipelihara di permukiman Rurukan, belakangan kandang kuda dipindah ke lokasi bukit ini. Sebagian besar lahan untuk menanam sayur, sebagian sisanya untuk aktivitas memelihara kuda.

Kata Inggrid, penataan pun mulai dilakukan, mulai dari gubuk hingga dibangun rumah permanen. Belakangan, rumah itu jadi semacam vila di atas bukit.

"Jika ingin bersantai melepas penat biasa kita ke sini (Sparta Stable) akhir pekan, kalau ada acara‑acara keluarga dibikin di sini," ungkap Inggrid.

Halaman
12
Penulis: Ryo_Noor
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved